shape

Bahayakah Kelebihan Protein? Simak Ini!

17 February 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Bahayakah Kelebihan Protein? Simak Ini!

Sobat Salam, protein adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh. Banyak sekali manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi protein dalam jumlah yang wajar. Tapi, kalau kelebihan protein bagaimana, ya?

Dikutip dari Healthline, protein mempunyai manfaat bagi tubuh, seperti membantu untuk membangun dan memperbaiki otot, organ, dan tulang.

Diet tinggi protein juga sudah terbukti membantu mengurangi lemak, menurunkan berat badan, meningkatkan rasa kenyang, dan memelihara otot.

Dikutip juga dari Kementerian Kesehatan, orang dewasa yang tidak begitu aktif disarankan untuk memakan sekitar 0,75 gram protein per hari untuk setiap 1 kg berat badannya.

Rata-rata konsumsi protein yang direkomendasikan untuk laki-laki 55 gram dan perempuan 45 gram tiap hari. Itu hanya sekitar dua genggaman daging, ikan, tahu, atau kacang-kacangan.

Dari sebuah studi 2016 melalui Medical News Today, merekomendasikan makan protein sebagai berikut :

  • 1,0 gram protein per kg berat badan dengan tingkat aktivitas minimal
  • 1,3 gram protein per kg berat badan dengan tingkat aktivitas sedang
  • 1,6 gram protein per kg berat badan dengan tingkat aktivitas yang intens

Orang yang sedang hamil atau menyusui perlu makan lebih banyak protein daripada orang lain. Bahkan dari studi 2016 menyimpulkan bahwa orang dewasa yang lebih tua harus makan lebih banyak protein.

Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi protein lebih dari 2 gram per kg berat badan setiap hari dalam waktu lama akan menyebabkan masalah kesehatan.

Jadi, apa saja risiko kelebihan protein terutama kalau dikonsumsi jangka panjang?

1. Bau Mulut

Risiko kelebihan protein bisa menyebabkan bau ulut, terutama saat tubuh membatasi asupan karbohidrat. Menyikat dan membersihkan gigi tidak akan menghilangkan bau mulut itu. Tapi, ada hal yang bisa sobat lakukan, seperti minum banyak air putih, menyikat gigi lebih sering, atau mengunyah permen karet.

2. Penambahan Berat Badan

Kelebihan protein yang dikonsumsi biasanya disimpan sebagai lemak, sedangkan kelebihan asam amino dikeluarkan. Hal itulah yang menyebabkan kenaikan berat badan, terutama kalau seseorang mengkonsumsi terlalu banyak kalori saat mencoba meningkatkan asupan protein.

3. Sembelit

Mengutip Healthline, diet tinggi protein yang membatasi karbohidrat biasanya rendah serat. Meningkatkan asupan air dan serat bisa membantu mencegah sembelit.

4. Diare

Mengutip dari Healthline, makan terlalu banyak susu atau makanan olahan, ditambah dengan kekurangan serat, bisa menyebabkan diare.

Diare parah terjadi kalau tubuh tidak toleran laktosa atau mengkonsumsi sumber protein, seperti daging goreng, ikan, dan unggas.

5. Dehidrasi

Mengutip Healthline, tubuh yang kelebihan protein akan mengeluarkan lebih banyak nitrogen dengan cairan dan air.

Sebuah studi kecil 2002 yang melibatkan atlet menemukan bahwa saat asupan protein meningkat, tingkat hidrasi menurun. Namun, sebuah penelitian 2006 menyimpulkan bahwa mengonsumsi lebih banyak protein mempunyai dampak minimal ada hidrasi.

6. Kerusakan Ginjal

Mengutip Healthline, tidak ada studi utama yang memberikan hubungan asupan protein tinggi dengan kerusakan ginjal pada individu yang sehat. Namun, seseorang yang mempunyai penyakit ginjal sebelumnya bisa mengalami kerusakan ginjal, kalau tubuhnya kelebihan protein.

7. Peningkatan Risiko Kanker

Mengutip Healthline, sebuah studi sudah menunjukkan bahwa diet tinggi protein berbasis daging merah terkait dengan peningkatan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti kanker.

8. Penyakit Jantung

Menurut penelitian tahun 2010, makan daging merah dan produk susu tinggi lemak dalam jumlah yang besar terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung koroner pada perempuan.

Dalam sebuah penelitian European Heart Journal menunjukkan bahwa konsumsi daging merah dalam jangka panjang bisa meningkatkan trimethylamine N-oxide (TMAO).

Baca Juga :

shape
shape