shape

Rawat Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan Alami Ini

04 June 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Rawat Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan Alami Ini

Sobat Salam , Kaki pecah-pecah memang tidak berbahaya. Tapi, kalau retakannya dalam akan terasa sakitnya. Selain itu juga, jadi mengurangi rasa percaya diri apalagi saat ada acara yang mengharuskan membuka sepatu. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Mengutip dari laman healthnavigator.org.nz , penyebab umum kaki pecah-pecah yaitu kulit dingin yang kering, berdiri dalam waktu lama, kulit yang menua, memakai alas kaki terbuka, dan beberapa kondisi medis seperti obesitas dan eksim.

Kulit yang keras, kering, dan menebal juga merupakan tanda awal bahwa tumit membutuhkan perhatian. Jika tidak langsung diobati, terkadang bisa menyebabkan masalah serius.

Lalu apa saja bahan alami untuk mengatasi tumit pecah-pecah?

Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Rawat Tumit Pecah-Pecah dengan Bahan Alami Ini

Inilah cara alami mengatasi kaki pecah-pecah :

1. Batu apung dan getah pepaya muda

Dilansir dari Buku Beauty Clopedia : 110 Rahasia Cantik Alami (2019) oleh @Go Dok, kalau sobat sudah terlanjur mempunyai tumit kaki pecah-pecah, maka cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan mengembalikan nutrisi dan asupan vitamin untuk mencegah terjadinya kulit kering.

Pada dasarnya, memakai lotion yang mengandung pelembap sudah cukup membantu, tapi untuk hasil yang maksimal, gunakan batu apung. Gosok bagian telapak kaki dan tumit kaki yang pecah-pecah dengan batu apung selama 10 menit. Setelahnya, oleskan getah pepaya muda di atasnya.

Lakukan secara rutin dan teratur, karena keduanya berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di telapak kaki atau tumit kaki.

2. Bawang putih dan madu

Kandungan antibakteri dan antimikroba di dalam dua bahan itu dilaporkan bisa membantu melembapkan kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Oleskan pada telapak kaki yang pecah-pecah saat malam hari sebelum tidur. Saat bangun, bersihkan tumit dengan air dingin dan oleskan madu setelahnya untuk mengatasi tumit pcah-pecah.

Madu akan membentuk kulit tetap terhidrasi dengan menarik air dari jaringan dalam ke lapisan luar kulit.

3. Masker pisang

Dikutip dari India Times, hancurkan pisang kecil dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok teh madu di dalamnya. Kocok dengan baik sampai menjadi pasta atau gel.

Oleskan pasta ke seluruh tumit kaki yang pecah-pecah dan gosok perlahan. Diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan langkah tersebut sampai beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Pisang adalah pelembap kulit alami. Pisang mengandung vitamin A, B6, dan C, yang semua fungsinya membantu menjaga elastisitas kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

4. Masker alpukat

Alpukat merupakan buah yang mengandung vitamin A, E, asam lemak omega, dan berbagai nutrisi yang bisa mempercepat proses penyembuhan kaki pecah-pecah.

Setelah dibuat jadi pasta, oleskan alpukat ke bagian tumit kaki yang pecah-pecah dan biarkan selama 15-20 menit.

5. Minyak kelapa

Dilansir dari Healthline, minyak kelapa sering direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering, eksim, dan psoriasis.

Minyak kelapa juga bisa membantu kulit mempertahankan kelembapan.

Itulah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah.

Baca Juga :

shape
shape