shape

5 Tips Memutihkan Gigi Kuning

25 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, memiliki gigi yang bersih putih memang menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri. Apalagi bagi Sobat yang sehari-harinya harus bertemu dengan banyak orang, tentunya tampilan gigi yang tidak bersih atau menguning dapat membuat rasa kepercayaan diri berkurang.

Ternyata secara alamiah, warna gigi akan menguning seiring bertambahnya usia. Jadi hal itu umum dialami, meskipun sering dipermasalahkan. Namun Sobat tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang diyakini bisa memperlambat proses menguningnya gigi. Selain itu beberapa cara ini bahkan dapat mengembalikan putih alami gigi.

Perubahan warna pada gigi biasanya bisa diatasi dengan pembersihan rutin dan pengobatan dengan pemutih gigi. Namun, terkadang gigi terlihat kuning karena email yang keras telah terkikis, sehingga memperlihatkan dentin di bawahnya. Dentin adalah jaringan tulang kuning alami yang terletak di bawah gigi.

Cara Alami Memutihkan Gigi

Source : kompas.com

Berikut ini beberapa tips sederhana yang dapat Sobat lakukan untuk memutihkan gigi secara alami, antara lain :

1. Ubah Pola Makan

Makanan dan minuman yang mengandung tanin, seperti teh bisa menodai gigi. Selain teh, minuman seperti kopi, soda hitam, dan jus juga bisa membuat gigi kuning. Makanan asam bisa membuat gigi tampak kuning dengan mengikis enamel. Maka dari itu, mengubah pola makan bisa dicoba untuk mencegah gigi menguning.

Sebaiknya hindari konsumsi jeruk, kopi, dan soda yang berlebihan. Sebagai alternatif, sikat gigi setiap setelah mengonsumsi makanan dan minuman. Dokter gigi menganjurkan menunggu 30 menit setelah makan sebelum menyikat gigi.

2. Lakukan Oil Pulling

Oil pulling adalah istilah untuk mencuci mulut dengan minyak untuk menghilangkan kotoran dan bakteri. Kegiatan ini bukan sebagai pengganti sikat gigi atau flossing biasa, tapi beberapa penelitian mengatakan bahwa mencuci mulut dengan minyak tertentu bisa memutihkan gigi. Berikut beberapa jenis minyak yang bisa memutihkan :

  • Virgin Coconut Oil
  • Sun Flower Seed Oil (Minyak bunga matahari)
  • Minyak wijen.

3. Menyikat Gigi dengan Baking Soda

Soda kue dapat menghilangkan noda di permukaan gigi jika dilakukan dengan lembut. Soda kue juga bisa membantu melawan bakteri, mengurangi plak, dan mencegah kerusakan gigi.

4. Konsumsi Buah-buahan

Asam malat dalam apel dapat meningkatkan air liur untuk membersihkan asam. Pasta gigi dengan kandungan bromelain (senyawa dalam nanas) juga membantu memutihkan gigi secara alami.

5. Menjaga Kebersihan Mulut dengan Baik

Menjaga kebersihan mulut dengan sangat baik merupakan hal terpenting untuk mencegah gigi menguning. Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur dapat melindungi enamel, mencegah kerusakan gusi, dan menghilangkan noda. Praktik kebersihan mulut yang baik meliputi:

  • Menyikat gigi minimal dua kali sehari. Pastikan untuk membersihkan gigi di sekitar gusi dan bagian belakang gigi.
  • Gunakan pasta gigi berfluorida. Fluorida mampu melawan terjadinya kerusakan gigi.
  • Flossing untuk menghilangkan plak di antara gigi.

Hanya sedikit orang yang memiliki gigi putih alami, karena gigi cenderung menguning seiring bertambahnya usia. Namun, menjaga kebersihan mulut yang baik dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur membantu menjaga gigi tetap cerah.

Perlu diketahui, gigi kuning bukan pertanda masalah kesehatan tapi dokter gigi bisa memeriksa kehilangan email dan kerusakan gigi. Memang secara alamiahnya gigi kita akan cenderung menguning seiring bertambahnya usia. Jadi daripada pusing, lebih baik coba untuk menerima keunikan tersebut dan menjaga gigi tetap sehat adalah hal yang lebih penting. Maka dari itu, untuk menjaga gigi tetap sehat, disarankan untuk selalu memeriksakan gigi pada dokter gigi minimal 6 bulan sekali ya Sob.

Baca Juga :

shape
shape