shape

Benarkah Kentang Rebus Bagus Untuk Penderita Asam Lambung? Simak Ini!

30 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Benarkah Kentang Rebus Bagus Untuk Penderita Asam Lambung? Simak Ini!

Sobat Salam, apakah kalian menderita asam lambung? Sudah tahu juga kalau penderita asam lambung harus menghindari beberapa jenis makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Sebenarnya pola makan yang tepat dan dibarengi dengan gaya hidup sehat bisa mencegah asam lambung kambuh. Tapi, jika sudah telanjur mempunyai penyakit asam lambung bagaimana?

Dikutip dari BBC GoodFood, kentang rebus termasuk makanan yang boleh dikonsumsi penderita asam lambung. Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat dan serat, rendah kalori, dan membuat perut awet kenyang.

Kentang rebus mengandung kalium, vitamin C, folat, vitamin B6, dan beberapa jenis antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Namun, untuk penderita asam lambung yang mempunyai kadar gula darah tinggi sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.

Dikutip juga dari Healthline, kentang termasuk sumber karbohidrat yang mempunyai kandungan gula sederhana dan mempunyai indeks glikemik tinggi. Namun, mendinginkan kentang setelah direbus dapat menurunkan kadar indeks glikemik kentang antara 25 sampai 26 persen.

Selain kentang, penderita asam lambung juga boleh makan seperti kacang hijau, mentimun, serta segaja jenis sayuran hijau (bayam dan kangkung).

Untuk buah, penderita asam lambung boleh makan buah melon, pisang, apel, dan pir yang rasanya tidak terlalu asam. Karena harus menghindari buah yang asam. Jangan juga makan yang sejenis gorengan, pedas, berlemak, alkohol, kopi, cokelat, teh, soda, dan daun mint.

Asupan protein boleh memilih yang mempunyai kandungan lemak baik dan tidak banyak trans atau lemak jahat. Seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, telur, tahu, tempe, minyak zaitun, atau susu rendah lemak.

Penjelasan dari Everyday Health via Kompas, ini adalah beberapa pola makan untuk mencegah penyakit asam lambung.

  1. Makan dalam porsi kecil tapi sering
  2. Hindari makan terburu-buru atau mengunyah makanan terlalu cepat
  3. Jangan langsung berbaring setelah makan, melainkan beri jeda 2 sampai 3 jam untuk jarak antara makan dan tiduran
  4. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat di bagian perut, karena bisa menambah tekanan di perut saat makan
  5. Terapkan pola makan bergizi lengkap dan seimbang, agar berat badan juga terkontrol dan menjaga kesehatan tubuh

Nah, selain kentang rebus atau makanan yang sudah disebutkan di atas, pola makan juga penting. Jangan sampai asam lambung itu mengganggu aktivitas sobat semua, ya.

Baca Juga :

shape
shape