shape

Cara Membedakan Purging dan Breakout

18 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Pernahkah Sobat Salam mendengar istilah purging dan breakout? Bagi Sobat Salam yang sering memakai skincare pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah tadi.

Purging dan breakout adalah kondisi ketika kulit wajah kita ditumbuhi banyak jerawat. Namun faktanya 2 kondisi ini seringkali disalahartikan karena memiliki tanda-tanda yang mirip, padahal 2 kondisi ini berbeda.

Jadi cara menanganinya juga berbeda ya Sob. Nah berikut perbedaan antara purging dan breakout pada wajah yang harus Sobat ketahui.

Apa Itu Purging?

Purging atau pembersihan kulit adalah reaksi kulit sementara terhadap kandungan produk tertentu yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat, kulit menjadi kering, hingga kulit mengelupas (peeling).

Umumnya, kondisi ini terjadi saat mencoba produk skincare baru atau bahan aktif tertentu. Dengan kata lain, ada bahan-bahan aktif tertentu yang berisiko menimbulkan purging.

Biasanya, bahan aktif tertentu yang berisiko menyebabkan purging adalah kandungan yang bertujuan mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati atau regenerasi kulit.

Beberapa kandungan bahan aktif yang dapat memicu purging, antara lain:

  • Retinoid (senyawan turunan vitamin A, seperti retinol, tretinoin, dan asam retinoat (retinoic acid)
  • Alpha hydroxy acid/AHA, seperti glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid
  • Beta hydroxy acid/BHA, seperti salicylic acid, dan Azelaic acid

Berbagai kandungan bahan aktif tersebut dapat mengelupas lapisan kulit paling atas untuk membersihkan dan mengangkat minyak dan kotoran di kulit.

Kandungan ini dapat membuat minyak (sebum) berlebih dan penumpukan kotoran yang menghalangi, naik ke permukaan. Ini dapat menimbulkan jerawat, beruntusan, kulit kering, dan kulit bersisik. Hingga terjadilah purging.

Apa Itu Breakout?

Sementara itu, breakout umumnya merupakan reaksi ketidakcocokan kulit dengan produk skincare yang digunakan dan malah menyebabkan iritasi pada kulit.

Apabila produk yang digunakan tidak mengandung bahan eksfoliator yang dapat memicu pergantian sel kulit, maka kemungkinan besar itu adalah breakout. Namun, breakout juga dapat dipicu oleh beberapa hal lain. Contohnya seperti stres yang tidak terkendali, hingga pola makan yang kurang sehat. Alhasil, penanganannya pun harus disesuaikan dengan faktor penyebabnya.

Ciri-ciri Purging

Kemungkinan, setiap orang akan mengalami reaksi purging yang berbeda, tergantung dari kondisi kulit masing-masing.

Berikut adalah ciri-ciri purging yang umum terjadi:

1. Kulit Mengelupas

Saat purging, sel kulit mati akan muncul ke permukaan. Ini bisa menyebabkan kulit kering dan akhirnya mengelupas. Jadi, pengelupasan kulit bisa jadi tanda produk skincare sedang bekerja.

2. Kulit Kemerahan

Ciri-ciri purging lainnya yang umum terjadi adalah kulit terlihat kemerahan. Hal ini terjadi karena proses penyesuaian saat peningkatan pergantian sel kulit.

Kemungkinan, kulit wajah akan terlihat kemerahan dan iritasi. Untuk mengatasinya, Sobat bisa menggunakan produk yang menenangkan.

3. Terasa Gatal

Terkadang, kulit gatal adalah reaksi akibat kulit kering atau mengalami iritasi saat purging. Saat mengalaminya, Sobat bisa merasakan sensasi tidak nyaman dan ingin menggaruk. Tak perlu khawatir, rasa gatal sebagai ciri-ciri purging ini akan hilang bersamaan saat iritasi mereda.

4. Timbul Jerawat

Ciri-ciri purging lainnya yang juga umum terjadi adalah muncul jerawat. Ini adalah reaksi bahan aktif pada kulit yang memiliki produksi minyak berlebih dan pori-pori yang tersumbat.

Umumnya, jerawat purging akan terasa nyeri saat disentuh. Selain jerawat, ada pula yang timbul komedo, whiteheads, dan blackheads. Kondisi ini bisa membuat tekstur kulit menjadi tidak rata.

Kalau sebelumnya kondisi kulit mulus dan belum pernah mengalaminya, reaksi purging seringkali dianggap bahwa kulit tidak cocok dengan produk yang digunakan.

Namun, sebaiknya tetap konsisten merawat kulit, karena setelah itu pelan-pelan kulit akan menjadi lebih halus, cerah, dan kembali seperti semula.

Perbedaan Purging dan Breakout

Purging dan breakout mungkin akan terlihat sama. Namun, penyebabnya berbeda. Selain itu, berikut adalah beberapa perbedaan purging dan breakout :

1. Area Munculnya Jerawat

Jerawat saat purging biasanya akan muncul di area kulit yang memang biasa ditumbuhi jerawat. Namun, jerawat breakout dapat muncul di area kulit mana saja, bahkan pada seluruh wajah, di tempat yang mungkin tadinya tidak umum ditumbuhi jerawat.

2. Durasi Berjerawat

Perbedaan purging dan breakout selanjutnya dapat dilihat dari seberapa lama kemunculan jerawat berlangsung. Munculnya jerawat purging sebenarnya berbeda-beda tergantung kondisi kulit masing-masing individu.

Secara umum, jerawat purging dapat berlangsung selama 4-6 minggu. Biasanya, kondisi ini lebih cepat membaik ketimbang jerawat biasa. Jika dalam waktu satu bulan atau lebih jerawat yang muncul tidak menghilang, kemungkinan ini adalah jerawat breakout.

3. Bekas Jerawat

Ada tidaknya kemunculan bekas jerawat juga bisa menjadi perbedaan purging dan breakout. Jerawat purging umumnya tidak akan meninggalkan bekas di kulit. Sebaliknya, breakout dapat meninggalkan bekas jerawat seperti noda hitam. Bila kondisi ini muncul, sebaiknya segera hentikan produk yang baru digunakan. Sebab, ini bisa jadi merupakan tanda ketidakcocokan dengan produk baru tersebut.

Cara Mencegah Purging

Untuk meminimalisasi efek samping purging dari produk skincare yang digunakan, Sobat dapat melakukan pencegahan di bawah ini:

  • Jangan gunakan produk retinol setiap hari dan mulailah dari konsentrasi yang paling rendah. Kalau baru pertama kali, cukup gunakan satu atau dua kali seminggu. Jika kulit sudah cukup kuat baru bisa menambah penggunaannya.
  • Untuk produk eksfoliasi, cukup gunakan seminggu sekali atau dua minggu sekali. Pengelupasan kulit berlebihan bisa memicu iritasi dan jerawat, alias overexfoliation.
  • Lakukan perawatan chemical peeling langsung dengan dokter untuk mencegah purging atau breakout.
  • Gunakan produk yang menghidrasi kulit untuk menenangkan dan meminimalisasi iritasi.

Untuk sebagian orang, purging dan breakout adalah kondisi kulit yang sulit dihindari. Sebaiknya, kenali lagi jenis kulit wajah yang Sobat miliki. Maka Sobat dapat memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit wajah yang Sobat miliki untuk meminimalisir efek purging dan breakout.

Baca Juga :

shape
shape