shape

Cara Alami Menaikkan Berat Badan

02 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Cara Alami Menaikkan Berat Badan

Sobat Salam, kalau selama ini banyak orang yang berbondong-bondong untuk menurunkan berat badannya, namun ternyata bagi beberapa orang ada juga yang berusaha untuk menaikkan berat badannya loh.

Hal ini dialami oleh mereka yang berat badannya berada di bawah berat badan normal atau tidak ideal. Orang yang dikategorikan memiliki berat badan dibawah ideal adalah mereka yang memiliki Indeks Masa Tubuh atau BMI di bawah angka 18,5.

Memang menaikkan berat badan terdengar lebih mudah dilakukan daripada menurunkan berat badan. Mereka hanya tinggal makan banyak makanan dan berat badan otomatis akan meningkat.

Tapi tunggu dulu, jika makan hanya sekedar banyak makan sehingga tidak terkontrol asupan nutrisinya, hal ini justru akan menimbulkan permasalahan kesehatan lainnya. Bukannya mencapai berat badan ideal, malah menimbulkan penyakit.

Ada juga yang mencoba menaikkan berat badan dengan cara meminum obat penggemuk instan, namun hal tersebut tidaklah sehat karena masih menimbulkan risiko efek samping berbahaya.

Cara Alami Naikkan Berat Badan

Cara Alami Menaikkan Berat Badan
Source : tokopedia.com

Bagaimana cara menambah berat badan secara alami? Berikut tipsnya :

1. Makan Lebih Banyak Protein

Nutrisi paling penting dalam menambah berat badan salah satunya adalah protein. Protein sangat penting dalam pembentukkan otot tubuh, tanpa protein sebagian besar kalori ekstra yang tertimbun justru akan diubah menjadi timbunan lemak tubuh. Makanan berprotein tinggi misalnya seperti, daging, ikan, telur, produk susu, dan kacang-kacangan.

2. Lebih Banyak Asupan Kalori

Lain halnya dengan diet penurunan berat badan yang menerapkan pola defisit atau pengurangan kalori, untuk menambah berat badan berarti asupan kebutuhan kalori tubuh harian harus ditambah. Jika Sobat ingin menambah berat badan, coba bidik sekitar 700-1000 kalori lebih banyak daripada yang dibakar dalam sehari. Sobat juga bisa coba memakai bantuan aplikasi kalkulator kalori untuk mengecek kebutuhan kalori harian sesuai berat badan.

3. Konsisten Makan 3 kali Sehari

Makanlah makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak jika ingin menambahkan berat badan. Dengan mengonsumsi lebih banyak protein, karbohidrat dan lemak sebanyak 3 kali dalam sehari maka program penaikan berat badan akan lebih cepat tercapai. Bisa juga tambahkan jadwal cemilan ke dalam program makan ya!

4. Makan Makanan Padat Energi

Sebisa mungkin untuk memakan makanan real food atau yang terbuat dari bahan tunggal bukan olahan. Karena makanan berbahan tunggal akan cepat mengisi, daripada makanan olahan cepat saji. Makan makanan padat energi sebanyak mungkin akan mempercepat penambahan berat badan karena memiliki kandungan kalori tinggi.

Contoh makanan padat energi yang cocok untuk menambah berat badan :

  • Kacang-kacangan, seperti almod, kenari, kacang tanah.
  • Buah kering, seperti kismis, kurma, dan lainnya.
  • Susu murni
  • Yogurt penuh lemak
  • Keju
  • Minyak zaitun extra virgin
  • Biji-bijian utuh sperti gandum dan beras merah
  • Daging ayam
  • Daging sapi
  • Kambing
  • Kentang
  • Ubi
  • Coklat hitam
  • Alpukat
  • Selai kacang
  • Granola
  • Latihan Angkat Beban

Latihan fisik sperti angkat beban ini dapat membantu peningkatan massa otot lebih bukannya lemak. Sobat bisa melakukan latihan fisik ini 2-4 kali per pekan. Untuk hasil optimal berat beban yang digunakan bisa ditambah secara bertahap seiring berjalannya waktu.

5. Perhatikan Waktu Minum

Jangan minum air sebelum makan karena hal itu bisa mengakibatkan perut terasa penuh sebelum mendapatkan asupan kalori. Lebih baik lagi jika mengonsumsi minuman tinggi kalori bersamaan dengan makan atau sebelum makan.

6. Jangan Merokok

Hal ini karena merokok bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jadi alangkah baiknya jika kebiasaan ini dihentikan ketika sedang menjalankan program penambahan berat badan.

7. Minum Smoothies

Smoothies atau milk shake yang dibuat dengan susu dan buah segar ini memiliki kandungan kalori tinggi, dengan mengonsumsinya maka asupan kalori yang dibutuhkan saat menambah berat badan akan cepat terpenuhi. Hindari soda, kopi dan teh, karena minuman ini hanya mengandung sedikit kalori dan sedikit gizi.

Semoga bermanfaat Sob!

Baca Juga :

shape
shape