shape

Rawat Luka Caesar Dengan 7 Cara Ini

16 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Rawat Luka Caesar Dengan 7 Cara Ini

Sobat Salam, melahirkan dengan metode persalinan maupun operasi Caesar sama-sama akan meninggalkan luka terbuka yang harus dijahit. Metode persalinan Caesar merupakan tidakan operasi bedah, yang akan meninggalkan bekas luka di area perut. Luka operasi jenis ini juga tetap memerlukan metode perawatan khusus loh.

Persalinan Caesar adalah prosedur bedah yang digunakan untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan rahim. Operasi Caesar mungkin direncanakan sebelumnya jika ibu hamil mengalami komplikasi kehamilan, berupa diabetes atau darah tinggi selama masa kehamilan.

Dengan melakukan perawatan yang sesuai dengan benar, bekas luka biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun risiko gangguan pada penyembuhan luka ini bisa saja terjadi. Hal itu dikarenakan kesibukan ibu dalam merawat buah hati dan ibu juga perlu merawat bekas luka agar tidak menjadi permanen.

Jenis Bekas Luka Operasi Caesar

Adanya gangguan dalam proses penyembuhan operasi Caesar dapat memicu terjadinya masalah lain. Masalah yang dapat terjadi saat pemulihan bekas luka operasi Caesar di antaranya :

  • Keloid adalah bekas jaringan parut sehabis munculnya luka yang tumbuh dan mengeras. Tonjolan ini dapat berukuran lebih besar dari luka aslinya.
  • Skar hipertrofik adalah kondisi luka yang muncul akibat trauma fisik seperti sayatan bedah dan iritasi bahan kimia.

Cara Merawat Bekas Luka Operasi Caesar

Rawat Luka Caesar Dengan 7 Cara Ini
Source : halodoc.com

Untuk menghindari risiko masalah gangguan pemulihan, penting untuk melakukan perawatan bekas luka Caesar yang tepat agar dapat cepat pulih. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai perawatan dari rumah untuk luka pasca operasi Caesar. Antara lain :

1. Jaga luka tetap bersih dan kering

Bersihkan luka sehari sekali pada saat mandi. Hindari mengguyur dan menggosok langsung belas luka. Bersihkan secara perlahan dan lembut dengan membasuh menggunakan air hangat, lalu keringkan dengan handuk bersih berbahan lembut.

2. Gunakan gel pemudar luka

Jika kondisi luka sudah benar-benar sembuh dan kering, Sobat bisa mengoleskan gel pemudar bekas luka di atasnya. Walaupun ada sebagian dokter yang menyarankan lebih baik luka dibiarkan pulih dengan sendirinya. Jika Sobat masih ragu, konsultasikan dengan dokter agar lebih yakin ya!

3. Berikan sirkulasi udara pada luka

Udara menjadi hal penting dalam proses penyembuhan luka pasca operasi Caesar. Udara dapat mempercepat penyembuhan cedera pada kulit. Sobat bisa menggunakan pakaian yang longgar untuk membantu memberikan sirkulasi udara yang baik. Agar bekas luka operasi dapat kering dengan cepat.

4. Jangan melakukan olahraga

Hindari dulu melakukan kegiatan yang memerlukan aktivitas fisik yang berat. Seperti berolahraga dan mengangkat benda-benda yang berat selama proses pemulihan luka. Hal ini bertujuan untuk menjaga jahitan luka agar terhindar dari gangguan.

5. Lakukan aktivitas fisik ringan

Memang tidak disanrankan untuk berolahraga, namun beda dengan melakukan aktivitas ringan. Contoh aktivitas ringan ini seperti jalan santai di kawasan rumah. Hal ini baik untuk dilakukan agar sirkulasi darah dalam tubuh berjalan lancar. Sirkulasi darah yang lancar inilah yang menjadi salah satu faktor penting dalam penyembuhan luka.

6. Oleskan salep

Sebagian dokter biasanya akan meresepkan salep antibiotik atau petroleum jelly. Oleskanlah pada luka secara rutin untuk mengoptimalkan proses penyembuhan luka. Namun harus dihindari pemakaian salep herbal yang belum terbukti efektivitasannya dan dijual secara online. Karena hal ini justru bisa menyebabkan infeksi pada luka operasi.

7. Konsumsi makanan minuman tinggi protein

Protein terdapat banyak jenisnya. Dan dalam kasus penyembuhan luka, jenis protein asam amino inilah yang paling dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Asam amino ini biasanya terdapat dalam telur, daging sapi, daging ayam, ikan tuna dan susu protein.

Lamanya proses penyembuhan luka Caesar yang dibutuhkan pada setiap wanita bisa beda-beda. Tergantung dari beberapa faktor yang mungkin menghambat proses penyembuhan luka yang dialami.

Untuk itu penting menjaga pola hidup sehat. Penting juga untuk merawat luka sesuai prosedur perawatan luka Caesar yang tepat untuk mempercepat pemulihan. Namun jika muncul gejala seperti demam, keluarnya cairan dari dalam luka, terjadi pembengkakan dan rasa nyeri pada luka. Segeralah hubungi dokter.

Sobat memerlukan dokter dengan respon cepat, yang bisa dihubungi 24/7 ke rumah untuk seluruh area Bandung, Kabupaten, Cimahi, dan sekitarnya? ya Layanan Perawatan Luka Salam Homecare solusinya. Khusus bulan ini juga lagi ada promo menarik loh, Yuk cek promonya dibawah ini Sob!

shape
shape