shape

Awas! Keseringan Makan Frozen Food Bisa Memicu Kanker

19 December 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Awas! Keseringan Makan Frozen Food Bisa Memicu Kanker

Siapa nih disini Sobat Salam yang gemar makan makanan beku atau Frozen Food? Frozen food ini belakangan menjadi makanan favorit banyak orang. Jenisnya mulai dari sosis, nugget, dimsum, bakso ikan, dan olahan daging lainnya.

Rasanya bukan hanya digemari oleh orang dewasa saja ya Sob, bahkan anak-anak pun pasti suka dengan rasanya yang dominan gurih. Di samping itu frozen food bisa dijadikan alternatif bekal untuk si Kecil bagi ibu rumah tangga yang tidak sempat masak.

Banyak orang memilih frozen food juga karena praktis untuk dikonsumsi, tinggal goreng lalu sajikan deh. Ada juga restoran yang menyajikan frozen food untuk dijadikan Suki atau sejenis rebusan dengan berbagai macam sayuran sebagai pelengkap.

Namun, tahukah Sobat jika frozen food kesukaan kita ini dapat menimbulkan beragam efek samping yang membahayakan kesehatan lho? Bahaya mengkonsumsi frozen food sangat tidak terduga. Jadi, apa saja bahaya mengkonsumsi frozen food lainnya yang juga berpotensi mengancam kesehatan?

Penyakit Akibat Keseringan Mengonsumi Frozen Food

Berikut ini adalah berbagai macam gangguan kesehatan yang umumnya akan muncul karena dipicu oleh kebiasaan terlalu sering mengonsumsi makanan beku atau Frozen food, di antaranya adalah :

1. Obesitas

Makanan beku atau frozen food kaya akan lemak dan kalori. Inilah yang menjadi penyebab berat badan bisa meningkat. Konsumsi satu porsi frozen food mengandung hampir 600 kalori.

Lebih dari setengah kandungannya tersebut berasal dari lemak trans. Lemak trans inilah yang berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Meski selalu dianggap aman dikonsumsi oleh kebanyakan orang, ternyata bila dimakan secara berlebihan akan memicu kegemukan atau obesitas.

2. Diabetes

Produsen frozen food biasanya menambahkan tepung pati untuk menjaga kualitas makanannya. Meskipun tepung ini bisa menambah rasa dan tekstur makanan, nyatanya pati merupakan polimer glukosa yang akan diubah tubuh menjadi gula sebelum dicerna.

Mengonsumsi gula secara berlebih tentu bisa meningkatkan risiko diabetes dan menyebabkan kerusakan jaringan pada tubuh. Jadi untuk Sobat yang memiliki diabetes, jangan keseringan mengonsumsi makanan beku ini ya.

3. Penyakit Jantung

Lemak trans yang ada di dalam makanan beku ini bisa menimbulkan penyakit jantung hingga penyumbatan pembuluh darah. Bukan hanya itu saja, kandungan lemak jahat ini juga mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan kolesterol baik.

4. Hipertensi

Bukan hanya memicu penyakit jantung saja, jika dikonsumsi berlebihan bukan tidak mungkin Sobat juga berisiko mengalami hipertensi. Hal ini karena kandungan sodium yang ada di dalam frozen food juga dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

5. Kanker

Mengonsumsi makanan beku ini secara berlebihan tentu bisa memicu serangan kanker. Penelitian menunjukkan mengonsumsi makanan beku seperti sosis dapat menyebabkan kanker pankreas hingga 65%. Selain itu, hampir semua frozen food mengandung pengawet seperti sirup jagung, yang mengandung glukosa yang bersifat karsinogenik.

Nah itu dia Sob, beberapa gangguan kesehatan yang akan muncul jika keseringan mengonsumsi Frozen Food. Makan makanan beku siap saji memang nikmat dan praktis, namun Sobat Salam perlu lebih bijak dalam mengendalikan asupan Frozen Food ini.

Bolehlah dikonsumsi sesekali saja. Lebih baik Sobat memperbanyak asupan makanan asli yang belum diolah dan dibekukan, karena tentunya nutrisi di dalamnya masih utuh.

Baca Juga :

shape
shape