shape

Cincau Hijau, Minuman Segar Yang Menyehatkan

26 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Tahukah Sobat, ada sebuah jajanan berupa minuman segar yang berbahan dasar dari tanaman hijau. Biasanya minuman ini dicampur air gula merah sebagai pemanis dan terkadang ada yang dicampur santan juga. Nama minuman ini adalah es cincau hijau. Pernah coba gak Sob?

Mungkin selama ini kita hanya membelinya dikala dahaga saja ya Sob, tapi sebenarnya dalam cincau hijau tersebut memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Fakta Cincau Hijau

Cincau hijau (Cyclea barbata L. Miers) adalah salah satu tanaman rambat yang tumbuh subur di daratan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Tanaman dari suku Menispermae ini bisa tumbuh subur secara liar pada tanah gembur maupun dibudidayakan di pekarangan rumah.

Ada empat jenis tanaman cincau yang dikenal masyarakat, yakni cincau hijau, cincau hitam, cincau minyak, dan cincau perdu. Cincau hijau sendiri memiliki karakteristik daun yang lemas sehingga mudah diperas, dan tidak mengeluarkan aroma langu layaknya cincau hitam sehingga relatif lebih digemari oleh orang Indonesia.

Kandungan Cincau Hijau

Secara umum kandungan daun cincau hijau adalah karbohidrat, lemak, protein dan senyawa lainnya, seperti polifenol dan flavonoid. Cincau hijau juga mengandung mineral dan vitamin, di antaranya kalsium, fosfor, vitamin A, serta vitamin B.

Penelitian lain menyatakan bahwa daun cincau hijau mengandung Bisbenzilsokuinolin klorofil, serat pektin dan aktivitas antioksidan yang sangat tinggi. Salah satu kandungan bioaktif tertinggi dalam daun cincau hijau adalah fenol.

Manfaat Cincau Hijau

Selain diolah menjadi minuman yang menyegarkan, manfaat cincau hijau juga dapat berguna dalam pengobatan untuk beberapa masalah kesehatan loh. Berdasarkan kandungan-kandungan yang telah disebutkan di atas, manfaat daun cincau hijau bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian membuktikan salah satu manfaat cincau hijau yang paling mengagumkan adalah dapat menurunkan tekanan darah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Senyawa bioaktif pada cincau hijaulah yang memiliki peran sebagai penurun hipertensi ini.

Tak tanggung-tanggung, senyawa bioaktif ini langsung menyasar ke pusat jaringan, seperti jantung, vaskular, dan sistem saraf. Senyawa ini dapat berperan sebagai angiostensin receptor blocker (ARB), membantu mempercepat pembentukan urine (diuretik), dan juga menjadi antioksidan dalam proses stres oksidatif.

2. Menyehatkan Pencernaan

Berdasarkan studi yang dipublikasikan, cincau hijau mengandung manfaat untuk menyehatkan pencernaan. Hal ini didasarkan atas kandungan flavonoid pada daun cincau hijau itu sendiri.

Secara spesifik, manfaat cincau hijau ini adalah mencegah terjadinya diare. Selain itu, mengonsumsi cincau hijau juga akan menyehatkan usus, mengatasi asam lambung, dan mempercepat kesembuhan sariawan.

3. Menangkal Radikal Bebas

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cincau hijau mengandung zat metabolit sekunder. Zat yang dimaksud, yakni terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan alami bagi tubuh.

Kandungan ini pun membawa manfaat cincau hijau sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas dikenal sebagai penyebab berbagai penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

4. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Meningkatnya kadar gula darah bisa diminimalisir dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Bisbenzilsokuinolin klorofil seperti cincau hijau.

Kandungan yang juga bisa ditemui dalam cincau hijau ini diketahui mampu menekan dan menstabilkan kadar gula darah yang meningkat. Meskipun cincau hijau memiliki manfaat tersebut, namun tetap harus mengontrol pola makan sehat dan membatasi asupan gula dari setiap makanan yang kamu konsumsi ya Sob!

5. Mengatasi Gangguan pada Lambung

Gangguan lambung biasanya terjadi pada lapisan dalam perut yang dapat membuat penderitanya merasakan rasa sakit. Saat mengalami kondisi ini, bisa meredakannya dengan mengonsumsi cincau hijau yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C. Kandungan ini berperan baik untuk membantu senyawa klorofil meringankan dan mengatasi masalah gangguan pada lambung.

6. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Saat sakit tenggorokan tentu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari kan Sob? Untuk mengatasi sakit tenggorokan, mengonsumsi cincau hijau bisa jadi solusinya! Cincau hijau mengandung kalsium, fosfor, dan karbohidrat serta vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C yang diketahui mampu meredakan sakit tenggorokan.

7. Mencegah Osteoporosis

Ternyata mengonsumsi cincau hijau sehari-hari dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk mencegah osteoporosis lho!

Cincau kaya akan kandungan senyawa kalsium fosfat yang terbentuk dari kalsium dan fosfor. Senyawa ini mampu menguatkan dan menutrisi tulang.

Meski manfaat cincau hijau ini masih memerlukan beberapa penelitian lagi, namun tidak ada salahnya untuk dicoba ya Sob!

Cara Membuat Cincau Hijau

Sobat Salam dapat menjadikan cincau hijau sebagai bagian dari pola hidup sehat. Cincau hijau bisa didapatkan dengan mudah di pasar tradisional ataupun dapat membuatnya sendiri di rumah.

Untuk membuat cincau hijau, ada dua cara yang bisa dilakukan :

  • Daun cincau yang sudah dicuci bersih diremas-remas hingga keluar lendirnya, kemudian dicampur dengan air matang. Air campuran yang berwarna hijau itu disaring, lalu dibiarkan mengendap hingga menghasilkan konsistensi seperti agar-agar.
  • Daun cincau yang sudah dicuci bersih diblender bersama dengan air hangat, kemudian disaring dua kali. Air hasil saringan tersebut kemudian dimasukkan ke lemari es hingga konsistensinya seperti agar-agar.

Apa pun cara yang dipilih, manfaat cincau hijau yang akan didapatkan pada dasarnya sama saja. Sobat juga bisa menambahkan es batu dan gula sebagai pelengkap agar lebih segar. Namun bagi yang memiliki diabetes, tetap perhatikan kadar gulanya ya. Gula juga dapat diganti dengan madu agar lebih sehat. Selamat mencoba Sob!

Baca Juga :

shape
shape