shape

Wajah Glowing Berkat Manfaat Kacang Hijau

19 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Wajah Glowing Berkat Manfaat Kacang Hijau

Siapa nih Sobat Salam yang suka makan bubur kacang hijau? Kacang hijau seringkali digunakan sebagai bahan utama berbagai makanan dan minuman. Biasanya makanan berbahan dasar kacang hijau ini sering dikonsumsi sebagai menu sarapan ya.

Tidak hanya rasanya yang enak dan mengenyangkan, ternyata di dalam kacang hijau terkandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan mengonsumsi kacang hijau secara rutin juga dapat mengatasi berbagai macam permasalahan kesehatan, termasuk kulit wajah.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung, Sobat dapat memanfaatkan kacang hijau sebagai masker wajah untuk kecantikan kulit wajah.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik, rendah lemak, dan mengandung banyak serat serta antioksidan.

Satu cangkir kacang hijau rebus (sekitar 202 gram) mengandung :

  • 212 kalori
  • 38,7 gram karbohidrat
  • 15,4 gram serat
  • 0,8 gram lemak
  • Folat 80%
  • Magnesium 24%
  • Mangan 30%
  • Fosfor 20%
  • Vitamin B1 22%
  • Potasium 16%
  • Zat besi 16%
  • Seng 11%
  • Kalium 15%

Protein kacang hijau juga sangat tinggi, yakni dalam 202 gram sajian, kacang hijau mengandung 14.2 gram protein atau setara dengan 28 persen dari total kebutuhan protein harian.

Selain itu, kandungan vitamin pada kacang hijau juga sangat banyak, seperti vitamin B2, B3, B5, dan selenium. Vitamin lain yang terkandung dalam kacang hijau, meski dalam jumlah yang lebih sedikit, yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K serta vitamin B6.

Kacang ini pun kaya akan asam amino esensial yang tak dapat diproduksi oleh tubuh, seperti fenilalanin, isoleusin, leusin, lisin, arginin, valin, dan lainnya. Jika kacang hijau yang dikonsumsi telah berkecambah, maka komposisi nutrisi dapat berubah.

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, kacang hijau juga punya manfaat yang oke untuk kecantikan kulit wajah lho Sob! Apa saja? Yuk simak informasinya berikut.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kecantikan

1. Hilangkan Jerawat

Mengonsumsi kacang hijau juga bermanfaat buat mencegah dan menghilangkan jerawat, lho. Antioksidan dalam kacang hijau mampu menangkal radikal bebas yang bisa memicu masalah pada kulit seperti komedo, jerawat, dan breakout.

Selain itu, kandungan vitamin A pada kacang hijau juga bisa menutrisi sel-sel kulit dan mempercepat hilangnya bekas jerawat dan noda pada wajah

2. Cegah Rambut Rontok

Kacang hijau juga mengandung zinc yang membantu mengatasi masalah kerontokan pada rambut kita.

Caranya dengan menggunakan air rebusan kacang hijau. Oleskan air kacang hijau tersebut pada kulit kepala. Jangan lupa sambil lakukan pemijatan ringan di kepala kita. Pemakaian secara teratur bikin rambut lebih kuat dan enggak rontok lagi, deh.

3. Melembapkan Kulit

Vitamin A pada kacang hijau enggak hanya ampuh menghilangkan jerawat tapi juga bisa melembapkan kulit dari dalam, serta melindungi kulit dari sinar ultra violet. Sangat cocok buat Sobat Salam yang aktif nih.

4. Mencerahkan Kulit

Selain bantu melembapkan kulit, kacang hijau juga ampuh bikin wajah kita jadi lebih cerah, lho. Yang perlu Sobat ketahui juga, kacang hijau memiliki kemampuan sebagai eksfoliator alami. Vitamin E di dalamnya mampu menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit jadi lebih cerah, glowing, dan enggak kusam lagi.

5. Menunda Penuaan

Elastin dan kolagen merupakan elemen utama untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Kacang hijau mengandung enzim yang dinamakan phytoestrogen, yang bekerja menjaga elemen-elemen tersebut agar tidak hilang. Alhasil kulit kita akan tetap sehat dan pastinya proses penuaan akan tertunda.

Nah itu dia beberapa manfaat kacang hijau untuk kecantikan kulit wajah. Gimana, tertarik untuk mencobanya Sob? Selain untuk kecantikan kulit wajah, kacang hijau juga baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, menjaga kekebalan tubuh dan bisa menurunkan berat badan juga lho.

Namun harus diingat, untuk mengonsumsi kacang hijau secukupnya dan tidak berlebihan ya Sob, agar terhindar dari efek samping seperti diare.

Baca Juga :

shape
shape