shape

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Luka Diabetes

30 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Luka Diabetes

Sobat Salam, diabetes merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi hingga saat ini. Penyakit ini terjadi karena gula darah yang tinggi dalam tubuh. Diabetes juga dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya, seperti serangan jantung, gagal ginjal, infeksi luka yang berat dan risiko amputasi.

Sebisa mungkin pengidap penyakit ini harus menjaga anggota tubuhnya dari luka. Terutama pada bagian kaki. Jika terlanjur mengalami luka, maka perawatannya tidak bisa sembarangan. Harus mendapatkan perawatan yang tepat serta berupaya untuk tetap menjaga kadar gula dalam dalam batas normal.

Luka diabetes merupakan suatu kondisi kerusakan jaringan kulit yang ditemukan pada pasien diabetes. Dimulai dari kerusakan yang terjadi pada epidermis, dermis, dan jaringan subkultulan. Sehingga dapat menyebar ke jaringan yang lebih dalam seperti tulang dan otot.

Penyebab mudahnya terjadi luka pada pasien diabetes karena adanya kerusakan saraf pada daerah kaki. Hal ini dapat menyebabkan kelainan bentuk kaki, berkurangnya sensasi merasakan sentuhan. Sehingga tidak menyadari saat terkena luka.

Penyebab Luka Diabetes Sulit Sembuh

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Luka Diabetes
Source : Unsplash.com

Sirkulasi sel darah merah yang baik adalah salah satu faktor penting dalam proses pemulihan luka. Karena sel darah merah mempunyai tugas untuk mengantarkan oksigen dan nutrisi dalam darah. Oksigen dan nutrisi ini adalah dua zat penting yang dibutuhkan sistem tubuh untuk menyembuhkan luka.

Sementara pada penderita diabetes, kadar gula yang tinggi dapat mengganggu silrkulasi dan kinerja sel darah merah. Sehingga tubuh tidak mempunyai suplai oksigen dan nutrisi yang cukup untuk menyembuhkan luka.

Disamping itu, sirkulasi sel darah yang buruk juga berdampak pada penurunan sistem imun tubuh. Ketika bagian tubuh terluka, bakteri dan kuman sangat berisiko untuk masuk ke dalam luka. Jika bakteri masuk pada luka diabetes, sel darah kekebalan dalam tubuh menjadi kurang efektif dalam melawan bakteri.

Sel kekebalan tubuh atau disebut sel darah putih yang kalah dalam melawan bakteri dan mati, akhirnya menumpuk dan menjadi nanah. Maka dari itu luka pada diabetes yang awalnya dalam keadaan kering, perlahan akan mengeluarkan cairan nanah yang membuat kondisi luka menjadi infeksi dan sulit mengering

Bisakah Luka pada Diabetes Mengering?

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Luka Diabetes
Source : health.kompas.com

Perawatan yang tepat pada luka diabetes sangat dibutuhkan untuk membantu luka cepat mengering. Sobat bisa melakukan perawatan sederhana di rumah atau meminta bantuan jasa pelayanan kesehatan di rumah oleh tenaga yang ahli.

Pada prinsipnya, perawatan luka diabetes sama dengan perawatan luka lain. Luka harus dijaga agar tetap steril dan kering, dengan rutin mengganti perban. Namun karena kondisi luka diabetes yang cenderung basah karena rembesan cairan sel darah, dalam penggantian perban pun harus berhati-hati.

Biasanya cairan yang ditimbulkan oleh luka bisa melekat pada perban. Jika tidak berhati-hati saat mengganti perban, bisa berisiko merusak jaringan sel baru yang mulai tumbuh di atas permukaan luka. Hal ini mengakibatkan kerusakan baru pada luka, sehingga menghambat proses penyembuhan. Untuk itu ada baiknya perawatan luka diabetes ini dibantu oleh tenaga ahli ya Sob! Salam Homecare juga menyediakan Layanan Perawatan Luka loh.

Kasus luka diabetes ini sering terjadi pada bagian kaki, maka hindari tekanan berlebih pada bagian ini. Hindari juga menjadikan bagian kaki yang terluka menjadi tumpuan. Jika mengharuskan menggunakan sepatu, pakailah sepatu dengan desain khusus atau Sobat bisa menambahakan bantalan empuk di dalamnya untuk mengurangi tekanan pada luka.

Selain itu juga pastikan luka diabetes mendapatkan sirkulasi udara yang cukup untuk membantu luka cepat mengering. Pastikan selalu mengikuti anjuran dokter, gunakan obat-obatan sesuai resep dokter. Meski ada beberapa bahan alami yang diyakini dapat membuat luka diabetes cepat mengering, ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memakainya.

Karena tidak semua orang cocok menggunakan bahan alami tersebut, tergantung dari kondisi masing-masing. Hal ini untuk menjaga luka terhindar dari infeksi dan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan bahan-bahan tersebut.

Risiko Amputasi Luka Diabetes

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Luka Diabetes
Source : halodoc.com

Selama kita mau berusaha, segala kemungkinan terburuk pasti bisa dihindari Sob! Perawatan luka pada diabetes yang tidak tepat ini lah yang bisa menyebabkan risiko amputasi menjadi tinggi. Jika tidak ditangani dengan baik, luka diabetes ini akan menyebabkan kematian jaringan, kerusakan saraf dan pembuluh darah karena kadar gula yang tinggi.

Maka satu-satunya cara untuk mengobatinya adalah dengan amputasi, untuk mencegah kerusakan ini meluas ke bagian tubuh lainnya. Jika Sobat mengalami luka diabetes, maka segeralah ditangani dengan tepat sebelum terjadi infeksi ya.

Cara Mencegah Infeksi Luka Diabetes

Hal-hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Luka Diabetes
Source : alomedika.com

Faktor yang menyulitkan luka diabetes untuk sembuh adalah kadar gula yang tinggi. Sehingga mengganggu sirkulasi darah yang penting bagi pemulihan. Maka dari itu selain mendapatkan perawatan luka yang tepat, Sobat pun harus melakukan beberapa upaya agar gula darah dapat terkendali.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan gula darah adalah :

  1. Terapkan pola hidup sehat
  2. Perbanyak makan sayur dan buah, usahakan memilih buah yang kadar gulanya tidak tinggi ya Sob!
  3. Batasi asupan gula harian
  4. Rajin berolahraga, seperti angkat beban yang baik untuk menekan resistansi insulin
  5. Kurangi makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi
  6. Rutin cek kadar gula darah
  7. Pilih karbohidrat dengan kadar glikemik rendah, seperti umbi-umbian, dan nasi merah

Waspadai gejalanya ya Sob! Ingat luka diabetes itu dapat disembuhkan jika dirawat dengan baik oleh ahlinya. Salam Homecare juga menyediakan Layanan Perawatan Luka, khususnya untuk perawatan luka diabetes Sobat yang sedia 24/7 ke rumah Sobat loh! Harganya terjangkau, serta dokter dan perawat yang profesional dan cekatan langsung ke rumah Sobat. Khusus bulan ini juga ada promo khusus loh, yuk cek promonya dibawah Sob!

shape
shape