shape

Tak Hanya Untuk Masakan, Inilah Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

22 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tak Hanya Untuk Masakan, Inilah Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan

Sobat Salam, selama ini kita tahu bahwa rempah-rempah memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Salah satunya yang sering digunakan dalam masakan adalah kapulaga. Tidak hanya membuat masakan semakin terasa lezat, kapulaga juga dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Kapulaga adalah rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman yang berasal dari family Zingiberaceae. Jenis kapulaga yang paling banyak ditemukan di Indonesia, yaitu kapulaga Jawa dan kapulaga India.

Kapulaga Jawa berbentuk bulat dan berwarna merah, sementara kapulaga India berbentuk lonjong dan berwarna hijau.

Kapulaga sering digunakan sebagai bumbu makanan, bahan pembuatan sabun, krim kecantikan, dan parfum. Kapulaga adalah sejenis rempah yang memiliki rasa kuat dan sedikit manis. Biji, minyak, dan ekstrak kapulaga memiliki khasiat penyembuhan dan kerap digunakan dalam pengobatan tradisional.

Kandungan dalam kapulaga mampu mengobati berbagai macam masalah kesehatan serta membunuh beberapa bakteri yang tidak baik.

Kandungan Nutrisi Kapulaga

Source : alodokter.com

Umumnya kapulaga tersedia dalam bentuk biji-bijian, bubuk, minyak esensial, dan kapsul suplemen herbal. Kapulaga mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Rempah ini juga rendah kalori dan lemak. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam 1 sdm kapulaga, yaitu :

  • 18 kalori
  • 4 gram karbohidrat
  • 0,4 gram lemak
  • 0,6 gram protein
  • 1,6 gram serat
  • 22,2 gram kalsium
  • 64,9 mg kalium
  • 0,81 mg zat besi
  • 10,3 mg fosfor
  • 13,3 mg magnesium

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Source : sukabumiupdate.com

1. Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kapulaga yang pertama, yaitu membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Antioksidan pada kapulaga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah. Rempah-rempah semacam kapulaga dapat menurunkan tekanan darah karena efek diuretiknya.

Artinya, manfaat kapulaga ini dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil untuk menghilangkan air yang menumpuk di tubuh, termasuk di sekitar jantung.

2. Menurunkan Risiko Mengembangkan Sel Kanker

Senyawa dalam kapulaga membantu melawan sel kanker. Penelitian pada sel kanker manusia dan kapulaga menunjukkan kalau senyawa tertentu dalam rempah kapulaga dapat menghentikan sel kanker mulut di tabung reaksi agar tidak berkembang biak.

3. Melindungi dari Penyakit Kronis

Manfaat kapulaga berikutnya, yaitu karena kaya senyawa yang dapat melawan peradangan. Peradangan terjadi ketika tubuh terkena zat asing. Peradangan jangka panjang dapat menyebabkan penyakit kronis. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kapulaga mengandung antioksidan. Antioksidan inilah yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan.

4. Membantu Masalah Pencernaan dan Bisul

Manfaat kapulaga ternyata berpengaruh pada masalah pencernaan. Kapulaga sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk meredakan ketidaknyamanan pada pencernaan dengan gejala mual dan muntah. Manfaat kapulaga ini mampu meredakan masalah perut dan mempercepat penyembuhan. Manfaat kapulaga juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain seperti maag, melindungi pencernaan dari Helicobacter pylori, bakteri yang terkait dengan perkembangan sebagian besar masalah sakit maag.

Selanjutnya, manfaat kapulaga dapat mengatasi bisul. Jika mengalami bisul, kapulaga juga dapat digunakan sebagai obat untuk penanganan masalah kulit tersebut karena sifatnya yang antibakteri.

5. Mengobati Bau Mulut dan Masalah Gigi Berlubang

Manfaat kapulaga juga kerap digunakan untuk mengobati bau mulut dan meningkatkan kesehatan mulut termasuk mencegah gigi berlubang. Kapulaga dapat membantu menyegarkan napas karena kemampuannya untuk melawan bakteri termasuk bakteri penyebab bau mulut.

6. Mengobati Infeksi

Kapulaga juga memiliki efek antibakteri dan dapat mengobati infeksi. Minyak esensial dan ekstrak kapulaga diduga lebih efektif ketimbang obat medis standar yang kerap digunakan melawan E. coli dan Staphylococcus, bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Minyak esensial kapulaga juga dapat melawan bakteri Salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan Campylobacter yang berkontribusi terhadap peradangan perut.

7. Meningkatkan Pernapasan dan Penggunaan Oksigen

Senyawa dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan. Ketika digunakan dalam aromaterapi, kapulaga dapat memberikan bau yang menyegarkan yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen selama berolahraga.

Selain itu juga, manfaat kapulaga dapat meningkatkan pernapasan dan penggunaan oksigen adalah dengan merelaksasi jalan napas. Itulah sebabnya mengapa kapulaga juga dapat membantu mengobati asma.

8. Menurunkan Kadar Gula Darah

Ketika dikonsumsi dalam bentuk bubuk, kapulaga bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Mengonsumsi teh hitam dengan tiga gram kayu manis, kapulaga, atau jahe setiap hari selama delapan minggu disinyalir dapat menurunkan kadar gula darah loh.

Baca Juga :

shape
shape