shape

Manfaat Pisang Sebagai Pengganti Nasi

14 May 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Manfaat Pisang Sebagai Pengganti Nasi

Sobat Salam, kita semua tahu kalau nasi adalah salah satu makanan pokok favorit orang Indonesia. Namun beberapa waktu lalu, pernyataan Wakil Presiden Ma’ruf Amin mulai jadi topik pembicaraan hangat mengenai makanan pengganti nasi, yaitu pisang. Maksudnya Pisang jadi pengganti nasi? Simak ulasannya berikut ini!

Melansir dari artikel Kompas.com pada hari Rabu (30/03/2022), Wakil Presiden Ma’ruf Amin memberikan pernyataan bahwa memakan dua buah pisang setara dengan memakan satu porsi nasi seberat 110 gram.

Dengan begitu, pisang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi buat sobat yang ingin mengganti jenis karbohidrat. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Pisang Sebagai Pengganti Nasi

Manfaat Pisang Sebagai Pengganti Nasi
Source : Sehatq.com

1. Kandungan gizi pisang setara dengan nasi

Bukan tanpa alasan kenapa pisang bisa membuat sobat merasa kenyang untuk beberapa jam. Kandungan gizi dalam buah pisang ternyata cukup banyak, selain kandungan karbohidratnya cukup tinggi untuk menggantikan nasi.

Kandungan gizi dalam satu buah pisang matang :

  • 99 kalori
  • 25,8 mg karbohidat
  • 1,2 gr protein
  • 0,7 gr serat
  • 8 mg kalsium
  • 0,2 gr lemak

Selain itu juga, pisang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan air. Makan pisang juga membuat efek kenyang karena karbohidrat yang terkandung di dalam pisang tergolong dalam karbohidrat yang dicerna secara lambat.

2. Makanan pokok di Afrika adalah pisang

Di Afrika, buah pisang menjadi makanan pokok, bahkan diolah menjadi tepung pisang. Olahan tepung pisang dikonsumsi dengan cara dibuat bubur, roti, kue, dan adonan tipis yang dipanggang.

Orang Afrika menjadikan pisang sebagai makanan pokok karena tekanan harga, pasokan yang lebih mudah didapat, dan karena lebih mudah dimasak.

3. Pisang sebagai menu diet

Dilansir dari Koreaboo, artis K-Pop, Jeon Somi mengatakan dalam sebuah acara variety, Taxi, bahwa dirinya menurunkan berat badan sebanyak 4 kilogram dalam seminggu dengan melakukan diet pisang.

Sebuah studi dari artikel PLOS Medicine di tahun 2015 mengatakan bahwa memperbanyak buah tertentu, seperti apel, pisang, pir, dan beri, pada diet terbukti menunjukkan pengurangan pada kenaikan berat badan.

4. Jangan hanya konsumsi pisang

Meskipun pisang memiliki manfaat setara karbohidrat nasi, berdasarkan penelitian yang terbit di Journal of Pain Research di tahun 2018, makan terlalu banyak pisang bisa memicu migrain pada beberapa orang.

Healthline menyarankan untuk mengonsumsi satu sampai dua pisang per hari. Hal itu merupakan asupan moderat untuk kebanyakan orang sehat.

5. Pisang menyehatkan saluran pencernaan

Di dalam pisang terkandung serat, karbohidrat yang membantu mengatur sistem pencernaan tubuh dengan membantu mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Pisang juga membantu meningkatkan pencernaan secara keseluruhan dan mencegah sembelit. Selain itu juga, pisang mempunyai efek antasid yang membantu mencegah penyakit maag kambuh. Makan pisang secara rutin juga membantu mengurangi risiko kanker lambung.

6. Pisang meningkatkan fungsi ginjal

Potasium pada pisang mempunyai manfaat yang baik bagi ginjal. Saat tubuh sobat mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin.

Kondisi cukup potasium akan membuat ginjal sobat tetap berfungsi dengan baik, selain itu juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu sobat ketahui, pisang mempunyai tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang punya peran membantu melindungi ginjal. 

Baca Juga :

shape
shape