shape

Jangan Dulu Dibuang! Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk

20 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Jangan Dulu Dibuang, Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk

Siapa sih gak gak suka buah jeruk Sob? Si oren yang punya rasa asam manis ini memang menjadi buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang menyegarkan, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi untuk kesehatan. Jika pada biasanya kita mengonsumsi buah dan sari dari air jeruk saja, tapi mulai sekarang jangan cepat-cepat buang kulitnya ya Sob!

Selama ini yang kita tahu hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, ternyata kulit jeruk pun punya segudang manfaat juga. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa kulit jeruk ini memiliki manfaat kesehatan empat kali lebih banyak daripada buah jeruk yang kita makan lho!

Kulit jeruk mengandung flavonoid dan phytochemical lainnya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan

Jangan Dulu Dibuang, Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk
Source : food.detik.com

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kulit jeruk mengandung hesperidin, senyawa flavonoid yang dapat membantu menjaga tekanan darah dan kolesterol. Flavon polimethoxylated (PMFs) yang ditemukan dalam kulit jeruk juga lebih efektif membantu menurunkan kolesterol daripada obat-obatan yang dikonsumsi loh.

2. Meningkatkan Kesehatan Paru-paru

Berkat kandungan vitamin C-nya yang sangat baik, manfaat kulit jeruk membantu memecah hidung tersumbat dan membersihkan paru-paru. Vitamin C nya ini juga mampu meningkatkan imun, membantu menangkal dan mencegah infeksi paru-paru.

Kulit jeruk dapat membantu mengeluarkan dahak dengan membersihkan paru-paru. Kekebalan yang ditingkatkan juga mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

3. Mencegah Alergi

Histamin adalah bahan kimia yang bertanggung jawab atas timbulnya reaksi alergi. Dan kulit jeruk ini mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pelepasan histamin. Sehingga dapat mencegah reaksi alergi muncul.

4. Membantu Pengobatan Diabetes

Kulit jeruk kaya akan pektin, serat yang dikenal bisa mengatur kadar gula darah. Manfaat kulit jeruk ini bisa membantu penderita diabetes. Selain itu, kandungan glikemiknya hanya 5, ini berarti kulit jeruk hanya menyebabkan sedikit peningkatan gula darah.

5. Mencegah Kanker

Selanjutnya kulit jeruk bermanfaat untuk mencegah kanker. Kulit jeruk membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker. Faktanya, kulit jeruk dapat mengurangi jumlah karsinoma sel skuamosa, yaitu jenis kanker kulit yang fatal.

Orang-orang yang mengonsumsi kulit jeruk secara teratur memiliki kemungkinan lebih kecil untuk terkena kanker paru-paru dan kanker kulit.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Meskipun informasi mengenai hal ini masih sedikit, beberapa sumber mengatakan bahwa senyawa tertentu dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Manfaat kulit jeruk ini bisa dirasakan, karena memiliki sifat anti inflamasi yang melawan infeksi dan meningkatkan penglihatan.

7. Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat kulit jeruk membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak dari tubuh. Banyak ahli medis merekomendasikan kulit jeruk sebagai obat untuk menurunkan berat badan.

8. Pencernaan yang Lebih Baik

Kulit jeruk memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengobati banyak masalah pencernaan, seperti diare, mulas, dan naiknya asam lambung.

9. Menyembuhkan Hangover atau Mabuk

Kulit jeruk adalah salah satu bahan terbaik yang dapat membantu menyembuhkan mabuk. Rebus kulitnya sekitar 15-20 menit, lalu minumlah rebusan ini seperti teh untuk menghilangkan mabuk.

10. Membantu Melawan Peradangan

Penelitian lebih lanjut memberi tahu bagaimana manfaat kulit jeruk dapat menekan peradangan dengan cara yang mirip dengan indometasin (obat anti inflamasi). Selain itu, flavonoid dalam kulit jeruk diketahui dapat menembus membran dan menyembuhkan peradangan.

11. Mengatasi Napas yang Bau

Manfaat kulit jeruk juga dapat membantu melawan bau akibat gigi berlubang dan menjaga napas kita tetap segar dan harum.

12. Melindungi Kesehatan Gigi

Sifat antibakteri dari kulit jeruk juga dapat melindungi dari karies gigi. Selain itu, kulit jeruk juga bisa membantu memutihkan gigi. Limonene dalam kulit jeruk juga berfungsi sebagai pewangi dan pelarut alami. Ini membantu memutihkan gigi dengan cara alami loh.

13. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat kulit jeruk selanjutnya dapat membantu menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti:

  • Komedo
  • Sel-sel kulit mati
  • Jerawat
  • Pori-pori
  • Lingkaran hitam
  • Kulit kering
  • Membantu mencerahkan kulit
  • Membuat kulit tampak glowing

Cara Mengolah Kulit Jeruk

Jangan Dulu Dibuang, Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk
Source : hipwee.com

Tergiur dengan beragam manfaat kulit jeruk, tapi bingung bagaimana cara untuk mengonsumsi atau mengolahnya? Berikut ini beberapa inspirasi yang bisa menjadi pilihan :

1. Dikonsumsi Langsung

Kulit jeruk dapat dikonsumsi langsung dengan mencuci dan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil dan tipis. Untuk menghindari rasa pahit, Sobat bisa menambahkan bumbu dari atas atau menaruhnya dengan salad atau sandwich favorit.

Bisa juga ditambahkan beberapa potongan kulit jeruk tipis ke dalam smoothies untuk sarapan. Cara terbaik dan paling umum untuk menambahkan kulit jeruk ke dalam makanan adalah dengan mengonsumsinya dalam bentuk yang sudah dimasak.

Kulit jeruk berupa selai jeruk adalah cara yang enak untuk mendapatkan semua manfaat nutrisi dari kulit jeruk.

2. Membuat Teh Kulit Jeruk

Caranya juga sangat mudah loh. Masukkan kulit jeruk segar ke dalam panci berisi air dan didihkan. Kemudian, matikan api dan biarkan kulitnya terendam selama satu jam. Saring airnya, dan teh kulit jeruk sudah siap dinikmati.

3. Dibuat Menjadi Penyegar Udara

Cukup menambahkan kulit jeruk ke dalam air mendidih dapat menyegarkan udara di sekitar. Bahkan, kita bisa menghirup udara (uap) untuk menghilangkan sakit kepala.

Nah itu dia Sob, beberapa manfaat kulit jeruk yang bisa kita dapatkan. Tertarik untuk mencobanya Sob? Jadi jangan buru-buru buang kulitnya ya setelah makan jeruk.

Baca Juga :

shape
shape