shape

Inilah Segudang Manfaat Petroleum Jelly Yang Harus Kamu Tahu

27 June 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Inilah Segudang Manfaat Petroleum Jelly Yang Harus Kamu Tahu

Sobat Salam, belakangan ini beredar produk serba guna yang sedang popular untuk merawat kesehatan kulit. Petroleum Jelly biasanaya banyak digunakan untuk melembapkan permukaan kulit tubuh yang kurang terawatt. Bukan hanya itu saja, ternyata masih banyak kegunaan petroleum jelly ini yang digunakan untuk kecantikan, mulai dari merawat rambut yang rusak hingga membuat alis lebih rapi,

Apa itu Petroleum Jelly?

Inilah Segudang Manfaat Petroleum Jelly Yang Harus Kamu Tahu
Source : stylo.grid.id

Petroleum jelly adalah produk perawatan yang berbahan dasar utamanya yaitu dari minyak mineral dan lilin yang dapat membantu melapisi kulit dan mencegah penguapan air. Sehingga kadar air dapat terkunci di dalam kulit yang membuat kulit menjadi lembap.

Tidak heran jika produk ini sering dimanfaatkan sebagai obat oles untuk mengatasi masalah pada kulit, seperti luka atau iritasi, yang membutuhkan tingkat kelembapan optimal untuk penyembuhannya.

Lantas apa saja manfaat petroleum jelly ini untuk tubuh?

Manfaat Petroleum Jelly

Inilah Segudang Manfaat Petroleum Jelly Yang Harus Kamu Tahu
Source : ibupedia.com

Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit, petroleum jelly juga memiliki manfaat lainnya. Berikut beberapa di antaranya :

1. Mengatasi Bibir Kering

Sobat bisa mengoleskan petroleum jelly ini pada permukaan kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Bahan ini dipercaya aman dari parfum, sehingga Sobat tidak perlu khawatir akan reaksi alergi saat menggunakannya.

2. Mengatasi Kulit Kaki Pecah-Pecah

Sobat bisa memanfaatkan petroleum jelly ini dengan mengoleskan pada permukaan kulit kaki yang pecah-pecah,  kemudian kenakan kaus kaki, dan diamkan semalaman. Pastikan dulu sebelumnya kaki dalam keadaan bersih. Sobat bisa menambahkan langkah dengan merendam kaki di air hangat yang ditambah sedikit garam sebelum menggunakan petroleum jelly.

3. Membersihkan Eye Make Up

Petroleum jelly ini diketahui mampu menghilangkan makeup dan maskara yang tahan air lebih optimal. Cara menggunakannya, oleskan petroleum jelly pada cotton bud atau kapas kosmetik dan bersihkan makeup secara perlahan.

4. Membuat Alis Tampak Lebih Rapi

Tekstur pertroleum jelly yang padat tapi juga fleksibel ini lah yang dapat memastikan alis tetap menempel rapi dan berbentuk sesuai keinginan. Oleskan sedikit petroleum jelly ke alis, lalu bentuk dan arahkan alis sesuai keinginan Sobat

5. Membyat Eye Shadow Lebih Tahan Lama

Oleskan tipis petroleum jelly sebelum membubuhkan eye shadow pada kelopak mata agar eye shadow tahan lama. Selain itu Sobat juga mencoba cara lain dengan mencampurkan bubuk eye shadow dengan petroleum jelly untuk menghasilkan krim eye shadow yang lebih awet.

6. Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut kering dan bercabang bisa dirawat memakai petroleum jelly yang bisa melembapkan dan mengurangi masalah rambut bercabang sekaligus membuat rambut lebih berkilau. Dengan cara menggosokkan perlahan petroleum jelly ke ujung rambut bercabang menggunakan telapak tangan.

7. Membuat Kutikula Kuku Menjadi Lembut

Kutikula kuku yang kering akan membuat lebih mudah pecah-pecah dan mengelupas. Hal ini akan memudahkan bakteri masuk dan menyebabkan infeksi. Cobalah oleskan petroleum jelly sebelum tidur agar bisa membuat kuku tampak lebih berkilau dan sehat.

8. Menjaga Tubuh Tetap Wangi

Oleskan petroleum jelly pada permukaan kulit sebelum menyemprotkan parfum. Petroleum jelly akan menyerap dan mempertahankan aroma parfum sehingga wangi akan tahan lebih lama.

9. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sobat bisa membuat scrub dari petroleum jelly yang dicampur dengan gula sebagai butiran scrubnya. Campuran scrub ini dapat bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati sekaligus melindungi kulit dari risiko iritasi.

10. Meredakan Iritasi Kulit Setelah Melakukan Chemical Peeling

Petroleum jelly ini mempunyai sifat menenangkan kulit dari iritasi dan kemerahan akibat dari chemical peeling.

11. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kondisi yang ideal untuk mempercepat penyembuhan luka adalah kondisi yang lembap. Oleh karena itu petroleum jelly dapat menjadi solusi untuk mempercepat pertumbuhan luka. Sebelumnya pastikan permukaan kulit telah dibersihkan secara menyeluruh untuk menghindari infeksi bakteri.

12. Mengatasi Ruam Popok

Caranya, bersihkan dan keringkan kulit bayi dengan handuk. Setelah itu, oleskan petroleum jelly di bagian selangkangan atau area popok untuk melindungi kulit bayi agar tetap lembap.

13. Mengurangi Rasa Gatal

Petroleum jelly dapat mengurangi rasa gatal pada kulit, baik yang disebabkan oleh kulit kering maupun akibat gigitan serangga.

14. Memperlambat Tanda-tanda Penuaan Pada Kulit

Seiring bertambahnya usia, jaringan kulit akan berkurang kelembapannya sehingga menyebabkan timbul kerutan. Dengan petroleum jelly, kelembapan kulit bisa terjaga sehingga munculnya tanda-tanda penuaan bisa diperlambat.

15. Mengatasi Iritasi Pada Kulit

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh paparan sinar matahi ataupun dari zat lainnya seperti deterjen. Petroleum jelly bisa meminimalisir rasa gatal dan mengembalikan kelembapan serta membantu proses pemulihan.

Meski banyak manfaat, penggunaan petroleum jelly ini disarankan hanya untuk pemakaian luar saja ya Sob! Jika penggunaan petroleum jelly tidak membantu mengurangi masalah yang terjadi pada kulit, segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

Baca Juga :

shape
shape