shape

Kondisi Demam, Boleh Mandi atau Tidak?

19 February 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kondisi Demam, Boleh Mandi atau Tidak?

Sobat Salam, kalau kalian lagi sakit milih mandi atau tidak? Tapi kalau mandi boleh atau tidak, ya? Simak ulasan berikut ini.

Demam merupakan reaksi dari tubuh saat terkena infeksi. Hal itu membuat tubuh mengalami peradangan, makanya suhu tubuh naik. Disinilah muncul pertanyaan tentang boleh mandi atau tidak, karena katanya menghindari suhu tubuh semakin tidak stabil. Benarkah?

Kenyataannya, tidak ada hubungan antara demam dengan mandi. Justru saat sobat terkena demam, membersihkan tubuh dengan mandi sangat dibutuhkan untuk menjaga tidak ada lagi penyakit dan bakteri lain yang bisa masuk ke dalam tubuh.

Demam itu bukan penyakit, tapi lebih pada hasil dari proses peradangan dalam tubuh. Sistem imun yang sedang melawan infeksi menaikkan suhu tubuh untuk memberi sinyal bahwa ada bagian yang terkena infeksi. Sobat bisa dikatakan demam kalau tubuh mencapai 38 sampai 39 derajat celcius. Untuk anak, suhu tubuh mencapai 37 derajat celcius.

Sinyal pada tubuh dikirim dengan adanya kenaikan suhu, jadi sobat disarankan mandi dengan air hangat. Kalau sobat menggunakan air dingin, tubuh akan menganggapnya sebagai ancaman terhadap proses melawan infeksi. Setelah itu, tubuh akan berusaha untuk menaikkan suhu agar perlawanan terjadi lagi dan demam bisa jadi makin parah. Mandi air dingin menutup pori-pori. Selain itu, penurunan suhu tubuh secara tiba-tiba, akan memicu badan jadi menggigil.

Nah, kalau mandi sekaligus keramas boleh? Sama, keramas pun disarankan menggunakan air hangat. Pastikan juga sobat segera mengeringkan rambut agar tubuh tidak menggigil.

Kalau sobat merasa belum bisa mandi, bisa memilih untuk menyeka tubuh dengan kain lap basah.

Ada obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin yang bisa sobat gunakan kalau setelah mandi masih merasa tidak nyaman dan suhu tubuh meningkat. Tapi, jangan lupa untuk menanyakan dulu ke dokter cara penggunaannya. Karena, jangan sampai menggunakannya lebih dari 1 obat.

Selain mandi dengan air hangat, ada beberapa langkah yang bisa membantu menurunkan demam secara alami. Dilansir dari ABC, antara lain :

  • Minum banyak cairan, seperti air putih, larutan elektrolit, jus tanpa gula sampai sup
  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan longgar, jangan menggunakan selimut tebal
  • Jaga ventilasi ruangan agar pertukaran udara bisa optimal
  • Saat pakaian, selimut, atau sprei lembap karena tubuh banyak keringat, segera ganti agar tidak menyebabkan tubuh kedinginan
  • Kompres bagian tubuh yang demam dengan air biasa atau air hangat. Jangan menggunakan kompres es batu atau air dingin.

Baca Juga :

shape
shape