shape

Kemangi, Daun Wangi yang Kaya Manfaat

25 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kemangi, Daun Wangi yang Kaya Manfaat

Siapa nih Sobat Salam yang suka makan masakan Sunda? Masakan Sunda selalu identik dengan lalapan hijaunya yang khas. Salah satu yang sering dijumpai adalah daun kemangi. Selain dimakan langsung dengan dicocol sambal, daun kemangi pun sering dijadikan bahan masakan pepes atau tumis agar masakan tambah wangi dan enak.

Daun kemangi atau Ocimum citriodorum adalah sejenis tanaman perdu yang memiliki ciri khas pada aroma daunnya. Aroma harumnya tersebut cukup menyengat saat daun dipatahkan. Meskipun memiliki aroma yang harum, daun yang satu ini memiliki cita rasa yang agak pahit.

Tapi jangan salah, selain untuk menambah aroma masakan, ternyata daun ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan yang sangat luar biasa. Selain itu, kandungan nutrisinya pun beragam, sehingga berguna untuk kesehatan tubuh. Maka tak heran, jika daun atau sayuran yang satu ini sering dijadikan bahan herbal yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Daun Kemangi yang Jarang Diketahui

Selain dijadikan sebagai sayuran lalapan, daun kemangi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan loh. Daun yang memiliki aroma harum ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh.

Langsung saja, inilah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan, diantaranya adalah :

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat daun kemangi yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi kaya akan antioksidan eugenol yang berguna untuk menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol serta gula darah, sehingga mengonsumsi sayuran lalapan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Daun kemangi juga mengandung beta-karoten dan magnesium yang berfungsi untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Selain berolahraga secara rutin dan menjaga pola makan yang sehat, mengonsumsi daun kemangi secara rutin juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung.

2. Mengatasi batuk dan flu

Daun kemangi juga bermanfaat sebagai ekspektoran dalam mengencerkan lendir penderita bronkitis dan asma. Mineral dalam sayuran lalapan ini juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi batuk dan flu.

Untuk merasakan manfaat daun kemangi yang satu ini, kita bisa merebus daun kemangi dan cengkeh dengan sedikit garam. Setelah matang, saring lalu minum airnya secara teratur dan rasakan manfaat daun kemangi dalam meredakan penyakit batuk dan flu.

3. Meredakan sakit tenggorokan

Selanjutnya, kandungan mineral dalam daun kemangi juga ampuh untuk meredakan peradangan dan sakit pada tenggorokan. Cara mengonsumsinya yaitu, minum air hangat dari rebusan daun kemangi untuk hasil yang efektif. Lakukan beberapa kali saat tenggorokan kamu sedang terasa tidak nyaman.

4. Meringankan stres dan insomnia

Manfaat daun kemangi selanjutnya yaitu dapat meringankan stres. Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan adaptogen, zat anthocyanin, dan beta karoten dalam daun kemangi bersifat antistres.

Adaptogen merupakan zat alami dalam daun kemangi yang dapat membantu tubuh beradaptasi dengan stres dan meningkatkan keseimbangan mental. Jadi, untuk Sobat yang sedang ingin meringankan stres tinggal minum rebusan daun kemangi dengan ditambah dengan campuran madu agar lebih terasa manis ya.

Selain meringankan stres, menurut sebuah studi, daun kemangi juga mengandung berbagai nutrisi yang dapat membantu menghilangkan gangguan kecemasan dan depresi. Bahkan, daun ini juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir logis, mencegah pikun akibat penuaan, hingga meringankan stres akibat masalah tidur dan seksual.

5. Menjaga kesehatan kulit dan wajah

Manfaat daun kemangi tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga untuk kecantikan. Manfaat yang satu ini bisa didapat karena daun kemangi mengandung zat aktif yang dapat berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Cara menggunakannya juga tinggal menumbuk daun kemangi sebagai masker wajah, yang nantinya akan membuat wajah lebih cerah dan segar.

Selain itu, mengoleskan daun kemangi secara teratur juga bisa membantu mencegah timbulnya jerawat di wajah loh. Hal tersebut dikarenakan daun kemangi memiliki kandungan antiinflamasi dan antimikroba di dalamnya.

Cara menggunakannya yaitu, buat pasta dari daun kemangi, cendana, dan air mawar. Oleskan pasta di wajah dan biarkan selama 20 menit. Sifat antiinflamasi dan antimikroba yang kuat dari daun kemangi tersebut akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

6. Menangkal radikal bebas

Selanjutnya, daun kemangi juga mengandung banyak antioksidan. Kerusakan radikal bebas pada kulit bisa menjadi penyebab utama penuaan. Nah, antioksidan yang terkandung dalam daun kemangi dapat membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas tersebut serta mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bertahan lama.

Paparan radikal bebas yang berlebih juga dapat menyebabkan penuaan dini. Dengan mengonsumsi daun kemangi yang mengandung banyak antioksidan dapat menghambat dampak buruk radikal bebas dan juga mencegah terjadinya penuaan dini.

7. Membersihkan pori-pori

Kandungan minyak daun kemangi juga bisa membantu membersihkan kulit dari dalam. Daun kemangi pun bisa membantu menghilangkan minyak dan kotoran yang menyumbat di pori-pori kulit sehingga kesehatan kulit pun tetap terjaga.

8. Mengatasi keputihan pada wanita

Manfaat daun kemangi selanjutnya juga berkhasiat untuk menangkal jamur penyebab keputihan pada wanita karena kandungan senyawa eugenol di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi daun kemangi saat makan dan daun kemangi segar sebagai lalapan secara rutin.

9. Mengobati batu ginjal

Kandungan mineral dan zat aktif dalam minyak atsiri daun kemangi juga berkhasiat dalam mengobati penyakit batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita bisa mengonsumsi daun kemangi dalam kondisi segar sebagai lalapan atau dijadikan jus.

10. Mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun kemangi memang mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Salah satunya yaitu mengandung vitamin A yang penting untuk menjaga sistem imun di dalam tubuh. Selain itu, daun ini juga mengandung vitamin K yang penting dalam proses penggumpalan darah.

Terakhir, daun kemangi juga mengandung kalium yang berperan dalam mengatur tekanan darah, magnesium untuk mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf, serta mangan untuk mengatur fungsi otak dan juga saraf.

11. Berpotensi melawan kanker

Tahukah kamu bahwa daun kemangi juga dipercaya berpotensi melawan kanker karena kandungan fitokimia yang ada di dalamnya? Daun kemangi dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker seperti kanker kulit, mulut, hati, dan paru-paru.

Kandungan antioksidan di dalamnya diduga mampu berperan dalam memerangi timbulnya kanker. Meski begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

12. Berpotensi menurunkan gula darah

Sebuah studi mengatakan bahwa ekstrak daun kemangi diketahui mampu membantu mengatasi efek jangka panjang dari gula darah tinggi. Ya, manfaat daun kemangi selanjutnya juga baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Untuk penderita diabetes, manfaat daun kemangi yang satu ini bisa membantu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol yang merupakan faktor berisiko untuk penderita diabetes.

Nah, itulah beberapa manfaat daun kemangi yang jarang diketahui. Banyak orang yang tidak tertarik untuk mengonsumsi daun kemangi karena alasan tertentu atau aromanya yang cukup menyengat. Namun, siapa sangka jika daun kemangi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bahkan kecantikan.

Baca Juga :

shape
shape