shape

Tape Singkong, Makanan Tradisional yang Kaya Manfaat

23 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Tape Singkong, Makanan Tradisional yang Kaya Manfaat

Sobat Salam, ternyata ada banyak manfaat tape singkong yang bagus untuk kesehatan tubuh kita lho. Tape atau tapai merupakan olahan fermentasi makanan tradisional khas Jawa Barat. Dan seperti namanya, tape singkong menggunakan bahan dasar umbi singkong yang difermentasi terlebih dahulu.

Proses fermentasi dilakukan dengan cara membungkus singkong yang sudah ditaburi ragi dalam daun pisang selama 2-3 hari. Semakin lama proses pemeramannya, maka semakin empuk juga tekstur tape yang akan dihasilkan.

Makanan yang sering disebut peuyeum oleh masyarakat Sunda ini bisa diolah jadi bermacam olahan. Mulai dari digoreng tepung, dibuat bolu, campuran es buah, atau camilan tradisional seperti colenak. Dimakan secara langsung juga tetap enak loh.

Kandungan Nutrisi Tape Singkong

Sebagai makanan fermentasi, tape singkong gak kalah bergizi dibanding yogurt, keju, kefir, tahu, dan tempe loh. Dalam 100 gram tape singkong terkandung, 173 kalori, 0,5 gram protein, 0,1 gram lemak, 42, 5 gram karbohidrat, dan 56 gram air. Selain itu terdapat kandungan mineral seperti 30 gram kalsium, dan 30 miligram fosfor.

Manfaat Tape Singkong untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya tersebut, berikut ini manfaat tape singkong yang bisa dirasakan tubuh saat mengonsumsinya :

1. Menghangatkan Tubuh

Efek yang bisa langsung dirasakan saat mengonsumsi tape singkong adalah rasa hangat di bagian dada juga perut. Hal tersebut karena selama proses fermentasi, terjadi pembentukan kadar alkohol dalam jumlah rendah.

Saat Sobat merasa lemas dan sedikit demam, bisa nih mengonsumsi tape untuk sedikit menghangatkan tubuh. Rasa hangat di dada dan perut bisa merambat ke seluruh bagian tubuh.

2. Sumber Asupan Energi

Bahan dasar dari tape singkong adalah singkong, sehingga tak heran jika mengandung tinggi karbohidrat. Mengonsumsi tape singkong sensasinya sama seperti saat makan nasi atau sumber karbohidrat lainnya.

Artinya, dengan mengonsumsi tape singkong maka tubuh akan mendapat asupan karbohidrat untuk dibakar jadi energi. Kandungan gula di dalamnya juga bisa memberi efek tendangan energi dalam jangka pendek.

3. Sumber Probiotik

Manfaat esensial lainnya dari tape sebagai hasil fermentasi adalah kaya akan sumber probiotik. Probiotik sendiri adalah mikroorganisme baik yang bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan.

Mikroorganisme tersebut terbentuk selama proses pemeraman terjadi. Hal tersebut juga ditambah dengan kandungan air yang mampu menangkal bakteri dan virus dalam sistem pencernaan.

4. Pilihan Menu Diet

Seperti sudah disebut sebelumnya, tape singkong merupakan makanan olahan yang mengandung sangat rendah lemak. Selain itu, tape juga mengandung serat larut yang membantu merangsang organ pencernaan supaya bekerja lebih optimal.

Dengan begitu, tape singkong merupakan makanan yang layak dijadikan pilihan menu diet, terlebih buat Sobat yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Tentunya pengolahan tapenya tanpa menggunakan bahan-bahan yang membuat gemuk seperti gula, minyak dan sebagainya ya.

5. Membuang Racun dalam Tubuh

Berbekal pencernaan yang sehat, proses detoksifikasi atau pembuangan racun secara alami akan berjalan lebih lancar. Proses fermentasi tape bisa meningkatkan produksi probiotik dan asam laktat untuk melancarkan pembuangan sisa makanan dalam pencernaan.

Mengonsumsi tape secara teratur dalam porsi wajar, akan secara efektif membuang sisa racun untuk keluar dari tubuh melalui proses sekresi dan mencegah sembelit. Selain itu, proses fermentasi menciptakan kandungan aflatoksin yang berguna mengikat racun dalam tubuh.

6. Mengatasi Jerawat

Mengonsumsi tape singkong ternyata bisa jadi salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah jerawat di kulit wajah Sobat loh. Makanan ini bisa membantu tubuh untuk menetralisir dan membuang racun yang menumpuk di pori-pori wajah.

Pori-pori yang mengandung kotoran dan racun akan memicu risiko iritasi kulit dan memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti cemilan gorengan yang tinggi minyak dengan tape singkong. Jika rutin mengonsumsinya kulit akan jadi lebih segar, bersih, dan terbebas dari jerawat.

7. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat tape singkong selanjutnya adalah dapat mengontrol tekanan darah. Tape singkong mengandung kalsium dan kalium yang merupakan mineral baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Kandungan mineral tersebut berfungsi membantu melebarkan pembuluh darah agar alirannya tetap lancar.

Sebagai makanan yang rendah lemak, cukup aman mengonsumsi tape singkong tanpa khawatir meningkatkan kadar kolesterol. Dengan aliran darah yang lancar dan rendahnya kolesterol jahat, maka risiko penyakit darah tinggi serta jantung koroner bisa berkurang.

8. Mencegah Anemia

Berkat kandungan vitamin B12-nya, tape singkong dipercaya bisa mencegah anemia. Vitamin ini dipercaya dapat membantu memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

Proses fermentasi yang selama pembuatan tape singkong juga dianggap bisa meningkatkan kandungan vitamin B12-nya.

9. Baik untuk Otot dan Saraf

Proses fermentasi tape singkong ini dapat meningkatkan kandungan tiamin alias vitamin B1 yang dimilikinya. Tiamin dinilai bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sistem saraf dan otot di tubuh manusia.

Ini juga menjadi alasan mengapa sebagian orang merasa lebih bugar dan berenergi setelah mengonsumsi tape singkong.

10. Baik untuk Sistem Pencernaaan

Potensi khasiat tape singkong lainnya adalah baik untuk sistem pencernaan. Berbagai kandungan tape singkong, seperti probiotik dan asam laktat, dinilai bisa menangkal bakteri dan meningkatkan performa bakteri baik di sistem pencernaan.

Di samping itu, mengonsumsi tape singkong secara berkala dinilai membantu proses sekresi sehingga risiko konstipasi atau sembelit dapat dihindari.

Batas Konsumsi Tape Singkong

Meski mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, tapi harus tetap memperhatikan batas wajar dalam porsi konsumsinya ya. Batas paling aman dalam konsumsi tape singkong per-harinya adalah 50 gram.

Pasalnya terlalu banyak mengonsumsi makanan fermentasi bisa sangat membahayakan kesehatan. Penumpukan bakteri baik di dalam saluran pencernaan bisa menyebabkan perut jadi mudah kembung.

Jadi jangan konsumsi berlebihan ya Sob! Penasaran mencoba tape singkong dengan berbagai manfaatnya?

Baca Juga :

shape
shape