shape

Sering Disisihkan, Ternyata Timun Banyak Manfaatnya lho!

24 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, mentimun adalah buah yang seringkali disisakan saat makan. Biasanya irisan mentimun ini disajika hanya sebagai pelengkap makanan atau lalapan saja. Sayang sekali kalau Sobat menyisakan mentimun ini, karena ternyata buah pelengkap ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan lho!

Meskipun mentimun ini seringkali dijadikan lalapan atau pelengkap saja, namun nutrisi di dalamnya tidak kalah dengan lauk utama.

Banyak orang tidak menyukai buah satu ini karena cita rasanya yang hambar dan cenderung pahit dan keset, apalagi saat pertama kali menyantapnya. Apa saja ya manfaat buah mentimun?

Nutrisi Buah Mentimun

Timun memiliki banyak manfaat untuk tubuh yang masih belum banyak diketahui orang. Dalam satu buah timun mentah berukuran 11 ons (300 gram) mengandung:

  • Kalori: 45 kalori
  • Lemak: 0 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi per hari)
  • Vitamin K: 62% dari AKG
  • Magnesium: 10% dari AKG
  • Kalium: 13% dari AKG
  • Mangan: 12% dari AKG

Kandungan air dalam timun memang cukup tinggi. Faktanya, timun terdiri dari sekitar 96% air.

Untuk memaksimalkan kandungan nutrisinya, timun harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin, dan mineral tertentu loh.

Manfaat Timun bagi Kesehatan

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis
    Buah timun dapat mengurangi risiko penyakit kronis berkembang di tubuh karena timun memiliki antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat berbahaya dan menyebabkan terjadinya stres oksidatif (oxidative stress).
    Antioksidan pada timun termasuk flavonoid dan tanin terbukti dapat mencegah penumpukan radikal bebas berbahaya dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis.
  2. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Good News nih buat Sobat yang kesulitan untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi buah timun secara rutin bisa menjadi salah satu solusinya. Buah ini mengandung kalori rendah serta tinggi akan kandungan air.
    Timun dapat dijadikan cemilan sehat rendah kalori, namun akan tetap memberikan efek kenyang karena kandungan air pada buah timun yang tinggi, sehingga membantu menekan rasa lapar.
    Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa makan makanan dengan kandungan air yang tinggi dan kandungan rendah kalori dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan.
  3. Menurunkan Kadar Gula Darah
    Manfaat buah timun selanjutnya adalah timun dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Timun memiliki nutrisi yang dapat membantu menstabilkan tekanan gula darah jika dikombinasikan dengan kebiasaan sehat lainnya.
  4. Melancarkan Pencernaan
    Sebagian besar kandungan pada buah timun adalah air, yaitu sebanyak 96%, serta memiliki berbagai nutrisi penting lainnya seperti serat.
    Mengonsumsi buah timun secara rutin dapat membantu mendukung pergerakan usus secara teratur. Kandungan air pada timun dapat menghilangkan dehidrasi yang merupakan faktor utama terjadinya sembelit.
    Selain itu, serat pada timun juga membantu mengatur pergerakan usus sehingga hal ini dapat mencegah sembelit dan membantu menjaga keteraturan pembuangan kotoran pada tubuh manusia.
  5. Mencegah Dehidrasi
    Timun terkenal akan kandungan airnya yang melimpah. Buah timun mengandung sekitar 96% air, sehingga timun dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan.
    Memiliki jumlah cairan yang cukup dalam tubuh sangatlah penting karena cairan dalam tubuh memiliki tugas membawa nutrisi ke dalam sel-sel di dalam tubuh, mencegah sembelit, dan membuang bakteri.
  6. Menjaga Kesehatan Usus
    Timun mengandung banyak serat yang baik untuk mendukung kesehatan usus, apalagi ketika dikonsumsi dalam bentuk acar. Acar timun ditambah dengan beberapa campuran yang tepat antara garam dan cuka akan mengalami proses fermentasi yang membuatnya menjadi bahan bakar sempurna untuk usus.
  7. Menguatkan Tulang
    Ternyata, buah timun juga bernutrisi untuk tulang. Manfaat buah timun ini didapat dari vitamin K yang terkandung di dalamnya.
  8. Menyehatkan Kulit
    Khasiat buah timun dalam dunia kecantikan tentu tidak perlu diragukan lagi. Berbagai manfaat buah timun untuk kecantikan sudah terbukti, misalnya untuk melembapkan kulit, mencerahkan kulit, menunda penuaan dan juga untuk mengurangi lingkar mata hitam.
    Sekarang Sobat juga tidak perlu repot lagi, karena telah banyak produk skincare yang memakai nutrisi dari buah timun.

Baca Juga :

shape
shape