shape

Benarkah Buah Plum Bisa Menurunkan Berat Badan?

16 September 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Benarkah Buah Plum Bisa Menurunkan Berat Badan?

Sobat Salam, menjaga berat badan tetap ideal bukan hanya menambah kepercayaan diri saja. Namun dengan menjaga angka berat bada pada angka ideal, akan menghindarkan kita dari berbagai macam risiko penyakit. Seperti, obesitas, diabetes dan hipertensi.

Banyak cara pun dilakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal, mulai dari menjalani berbagai metode diet hingga melakukan olahraga dengan intensitas tinggi.

Namun ada sebagian orang yang mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan. Padahal sudah olahraga dan menjalankan diet, tapi tak kunjung menunjukkan hasil yang signifikan.

Bisa jadi hal ini karena beberapa faktor medis dan pemilihan makanan yang kurang tepat saat menjalani diet. Pada setiap metode diet, pastinya Sobat akan disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah.

Tapi jangan salah pilih buah ya Sob, karena ada beberapa buah yang harus dibatasi konsumsinya dikarenakan kadar gulanya yang tinggi. Dan tentu, kadar gula tinggi ini dapat mengganggu jalannya program diet Sobat.

Buah yang bisa Sobat coba untuk dikonsumsi saat diet salah satunya adalah buah plum. Buah yang berasal dari Eropa ini memiliki banyak kandungan vitamin, serat dan zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan pada buah plum ini antara lain adalah vitamin A dan vitamin C. Buah ini sedang banyak digandrungi karena manfaatnya yang katanya dapat menurunkan berat badan. Apakah benar?

Manfaat Buah Plum

Source : merdeka.com

Buah plum ini sangat baik untuk dikonsumsi pada saat sedang menjalankan program diet. Salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mengecilkan perut yang buncit. Selain itu, berikut ini ada beberapa manfaat lainnya yang bisa Sobat dapatkan jika mengonsumsi buah plum saat menjalani program diet, di antaranya adalah :

  • Membantu mengurangi berat badan

Dalam buah plum ini juga terkandung zaat aktif yang dapat berfungsi sebagai anti obesitas. Yang mana zat anti obesitas ini berguna untuk mencegah tubuh kita mengalami berat badan berlebih. Maka dari itu, buah ini sangat cocok dikonsumsi untuk mencegah obesitas.

  • Efektif mencerna lemak

Salah satu zat yang terkandung dalam buah plum lainnya adalah asam propionate. Propionate ini berperan untuk membantu fungsi kerja asam ampedu yang bekerja mencerna lemak. Tentunya dengan kandungan propionate dalam buah plum yang dikonsumsi, efektif mencerna lemak berlebih. Sehingga dapat terhindar dari perut buncit dan risiko kolesterol.

  • Memberikan efek kenyang lebih lama

Buah plum memiliki kandungan serat yang lebih padat daripada buah lainnya. Serat yang padat ini akan lembat dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga perut akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Tentunya hal ini akan menghindarkan kita dari makan secara berlebihan.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat serat pada buah plum juga membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit dan konstipasi. Dengan mengonsumsi buah plum, maka bakteri baik di usus akan meningkat, sehingga dapat melancarkan proses pencernaan. Serta menjaga kesehatan usus besar secara optimal.

  • Mencegah berbagai penyakit lain

Selain kandungan serat yang tinggi, ternyata kandungan flavonoid dalam buah plum juga tinggi lho! Flavonoid yang terkadung pada buah plum berguna untuk meningkatkan sensitivitas kadar insulin dalam darah. Tentunya hal ini akan membantu mengurangi diabetes. Buah plum juga merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang merusak sel dalam tubuh. Selain itu ada kandungan epicatechin dalam buah plum, yang berkhasiat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Nah itu dia Sob, segudang manfaat dari buah plum yang bisa kita dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin. Gimana nih, berminat untuk mencobanya Sob? Karena selain membantu menurunkan berat badan, ternyata buah plum juga dapat menghindarkan dari risiko diabetes.

Baca Juga :

shape
shape