shape

Perhatian! Inilah Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

24 March 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Perhatian! Inilah Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan
Source : Doktersehat.com

Sobat Salam, apakah kamu memelihara kucing? Mereka sangat lucu bukan? Seperti idol korea Lisa Blackpink juga memelihara kucing loh. Tingkahnya yang menggemaskan membuat banyak orang akhirnya memilih untuk memeliharanya. Bukan cuman sebagai kesenangan dan melepas stres, manfaatnya juga baik untuk kesehatan. Asalkan, kucing dirawat dan dijaga kebersihannya.

Manfaat Memelihara Kucing

Perhatian! Inilah Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan

Mau tahu apa saja manfaat kucing bagi kesehatan? Simak dibawah ini ya!

1. Membantu Anak Penderita Autisme

Para peneliti dari University of Missouri, Amerika Serikat menemukan bahwa interaksi sosial anak penderita autisme bisa membaik saat diikelilingi hewan peliharaan.

Dalam studinya, hampir separuh dari total keluarga yang diteliti mempunyai kucing peliharaan. Orang tua anak-anak itu melaporkan adanya ikatan kuat yang terbentuk antara anak-anak dengan hewan peliharaannya.

Peneliti dari Research Center for Human-Animal Interaction, Gretchen Carlisle mengatakan bahwa anak dengan autisme bisa lebih percaya diri saat bersama hewan peliharaan.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut penelitian, memelihara kucing juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau jantung.

Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang memelihara kucing mempunyai risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke yang lebih kecil.

3. Mengurangi Infeksi dan Masalah Pernapasan

Penelitian terhadap anjing dan kucing mengungkapkan bahwa kontak dengan hewan peliharaan ini di tahun pertama kehidupan bisa memperkuat sistem kekebalan bayi, terutama terhadap penyakit pernapasan.

Penelitian menyimpulkan, hal itu bisa memberikan sistem pertahanan tubuh yang baik terhadap penyakit di masa kanak-kanak.

4. Dengkuran Kucing Bantu Menyembuhkan Nyeri Tulang, Sendi, dan Otot

Kucing terkadang mengeluarkan suara seperti dengkuran atau purring yang berarti kucing itu sedang bahagia.

Suara tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan nyeri tulang dan otot manusia. Frekuensi getaran dengkuran kucing yang ada di kisaran 20-140 Hz itulah membuat manfaat tersebut ada.

Studi menunjukkan bahwa frekuensi getaran antara 18-35 Hz mempunyai efek positif pada persendian setelah cedera.

Asistem profesor di Scholl of Veterinary Medicine, University of California, Leslie A Lyons mengatakan, bagi sejumlah orang, dengkuran kucing bisa membantu menyembuhkan nyeri otot dan tulang.

5. Anak Akan Mengalami Lebih Sedikit Alergi

Anak-anak di lingkungan kota dengan paparan paling banyak dengan alergen dan bakteri membuat membuat mereka lebih peka terhadap alergi. Mereka yang terpapar kucing, kecoa, dan tikus pada tahun pertama, lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan alergi.

6. Memberi Dampak Positif Pada Kesehatan Mental

Dalam survei Cats Protection terhadap 600 orang di mana setengahnya mempunyai masalah kesehatan mental, 87 persen pemilik kucing merasa bahwa hewan peliharaan mereka berdampak positif pada kesejahteraan mereka.

7. Menonton Video Kucing, Sudah Memberi Manfaat Bagi Tubuh

Sebuah penelitian terhadap lebih dari 7.000 orang oleh Indiana University Bloomington menemukan bahwa menonton video kucing meningkatkan energi dan emosi positif. Jadi, bukan hanya fisik, tapi mental juga kena manfaatnya.

Terlepas dari banyaknya manfaat kucing diatas, tetap akan berisiko jika kucing mengidap suatu penyakit. Jadi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kamu ya Sob!

Baca Juga :

shape
shape