shape

Terbukti Lebih Ampuh, Ganti Obat Batuk dengan Madu Sekarang

14 March 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Terbukti Lebih Ampuh, Ganti Obat Batuk dengan Madu Sekarang

Sobat Salam, bagaimana rasanya kalau lagi batuk? Biasanya suka diobatin pakai apa? Informasi, nih, kalau ternyata mengonsumsi madu dipercaya bisa mengurangi frekuensi dan keparahan batuk loh.

Madu bukanlah pengobatan utama untuk menyembuhkan batuk. Hanya, madu sudah terbukti secara ilmiah mampu meredakan batuk pada orang dewasa dan anak-anak.

Madu dinilai bisa bertindak sebagai demulcent, yaitu senyawa yang bisa menyelimuti tenggorokan dan menenangkan selaput lendir. Tidak hanya itu saja, madu juga terbukti mengandung antoksidan dan antimikroba yang dipercaya bisa mempercepat proses penyembuhan batuk.

Studi dari tahun 2010 membuktikan kalau madu dianggap mempunyai efek yang lebih baik dibandingkan obat dextromethorphan dan diphenhydramine dalam meredakan batuk di malam hari yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas.

Penelitian yang lain memberikan penjelasan, jenis madu kayu putih, madu sitrus, dan madu labiatae bisa meredakan batuk yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas.

Madu memberikan sifat anti-bakteri alami yang aman diberikan pada anak-anak, selain rasanya yang enak.

Dikutip dari Verywell Health, madu juga tidak menimbulkan risiko interaksi obat, seperti yang mungkin menjadi perhatian dari beberapa obat bebas yang digunakan untuk meredakan batuk.

Madu tidak boleh diberikan pada bayi di bawah 12 bulan karena berisiko botulisme. Yaitu sejenis keracunan langka yang disebabkan oleh racun yang menyerang saraf.

Cara Penggunaan Madu Sebagai Obat Batuk

Source : health.detik.com

Cara menggunakan madu sebagai obat batuk yaitu dengan mencampurkan madu ke dalam air hangat saja. Bisa juga menambahkan madu ke dalam campuran air lemon, jahe, atau cuka sari apel.

Dikutip dari Verywell Health, American Heart Association merekomendasikan untuk membatasi gula tambahan sampai sekitar 30 gram sehari, jadi perlu untuk menjaga asupan madu harian kurang dari 6 sendok teh.

Jenis madu yang bisa dikonsumsi sebenarnya bisa apa saja, tapi jenis madu yang warnanya lebih gelap adalah yang terbaik.

Madu yang lebih gelap akan lebih efektif daripada madu yang lebih terang dan memberikan kelegaan lebih cepat.

Waktu yang baik untuk mengonsumsi madu adalah sebelum tidur karena membantu mendapatkan tidur yang nyenyak.

Saat itu juga tidak ada gangguan dan madu bisa menutupi bagian yang meradang dan membantu penyembuhan batuk lebih cepat.

Waspadai Gejala Batuk Lebih Parah

Batuk
Source : liputan6.com

Tapi kalau batuk dengan gejala seperti ini, maka tetap harus periksakan ke dokter ya. Apa saja?

  • Batuk yang tidak kunjung sembuh selama beberapa minggu
  • Batuk disertai dahak kental berwarna kuning kehijauan
  • Demam
  • Sesak napas
  • Pingsan
  • Pembengkakan di pergelangan kaki
  • Penurunan berat badan ekstrim

Jika si kecil dirumah sedang batuk pilek hingga sesak, pasti sebagai orang tua gak akan tega melihatnya kesulitan bernafas kan. Salam Homecare juga menyediakan Layanan Fisioterapi dan Terapi Uap untuk anak yang membutuhkan penanganan batuk segera. Cek Layanan Kami Disini Yuk!

Baca Juga :

shape
shape