shape

Inilah Manfaat Santan Bagi Kesehatan

04 March 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Inilah Manfaat Santan Bagi Kesehatan

Sobat Salam, pasti kalian sering menggunakan santan untuk dijadikan bahan masakan atau minuman. Iya, kan? Hidangan yang ada kandungan santannya akan terasa lebih gurih dan kental, misalnya opor atau rendang.

Kandungan Santan

Santan dibuat dari daging buah kelapa yang diparut dan dihancurkan bersama dengan air. Hasilnya berupa cairan ekstrak kelapa yang kental.

Bahkan santan mempunyai manfaat bagi tubuh sejak zaman dahulu. Dan kandungannya berupa nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang ada di dalam setiap 100 gram santan.

  • Air : 54,9 g
  • Energi : 324 Kal
  • Protein : 4,2 g
  • Lemak : 34,3 g
  • Karbohidrat : 5,6 g
  • Kalsium : 14 mg
  • Fosfor : 45 mg
  • Besi : 1,9 mg
  • Natrium : 18 mg
  • Kalium : 514,1 mg
  • Zinc (seng) : 0,9 mg
  • Vitamin C : 2 mg

Ditambah lagi, santan diperkaya juga dengan kandungan antioksidan sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Santan

Inilah Manfaat Santan Bagi Kesehatan
Source : momsmoney.id

Di bawah ini ada beberapa manfaat santan bagi kesehatan. Apa saja?

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Beberapa orang kemungkinan tidak menganggap santan untuk menyehatkan jantung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Tapi, sumber lemak jenuh yang berbeda bisa mempengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda. Sedikit penelitian telah menyelidiki efek santan pada kadar kolesterol.

Penelitian telah menemukan bahwa minyak kelapa tidak secara signifikan meningkatkan kadar “kolesterok jahat”, atau kolesterol low-density lipoprotein (LDL), tapi meningkatkan kadar “kolesterol baik”, atau kolesterol liporotein densitas tinggi (HDL). Periode penelitian tersebut cukup singkat, hanya 4 minggu.

Kolesterol HDL melindungi jantung dan menghilangkan kolesterol LDL dari darah. Ini membawa kolesterol LDL ke hati, memecahnya, dan tubuh akhirnya menghilangkannya. Meskipun minyak kelapa mungkin tidak meningkatkan kadar kolesterol LDL, produk berbasis kelapa mengandung lemak dan kalori yang tinggi.

2. Menurunkan Berat Badan

Santan mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang oleh para peneliti dikaitkan dengan penurunan berat badan.

MCT merangsang energi melalui proses yang disebut thermogenesis atau produksi panas. Beberapa studi menunjukkan bahwa MCT menurunkan berat badan.

Studi di tahun 2015 pada pria yang kelebihan berat badan menemukan bahwa mengonsumsi MCT saat sarapan bisa menurunkan asupan makanan di kemudian hari.

Penelitian di tahun 2018 juga menemukan bahwa MCT meningkatkan sensitivitas insulin dan banyak peneliti percaya bahwa sensitivitas ini mendorong penurunan berat badan.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kelapa mengandung lipid yang disebut dengan asam laurat dan banyak peneliti percaya kalau asam laurat bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

Sebuah studi tentang efek antimikroba asam laurat dari kelapa, para peneliti mengisolasi berbagai strain bakteri dan memaparkannya pada asam laurat dalam cawan petri.

Peneliti lainnya menemukan kalau asam laurat memicu apoptosis, kematian sel pada kanker payudara dan endometrium.

Penelitian tersebut menunjukkan kalau asam ini menghambat pertumbuhan sel kanker dengan merangsang protein reseptor tertentu yang mengatur pertumbuhan sel.

4. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Menurut sebuah studi dari jurnal Nutrition ad Metabolism Research, santan justru efektif menjaga kadar kolesterol baik atau HDL di dalam darah.

Konsumsi santan yang cukup bisa membantu terhindar dari risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, termasuk stroke.

5. Memelihara Fungsi Otak

Santan terdiri dari asam lemak rantai-sedang sehingga mudah diserap oleh hati dan diubah menjadi keton.

Keton dibutuhkan sebagai energi yang penting untuk otak. Selain itu, keton bermanfaat bagi orang yang mempunyai masalah ingatan, seperti Alzheimer.

Baca Juga :

shape
shape