shape

Rambut Anda Rontok? Inilah Cara Mengatasi Rambut Rontok

17 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Rambut Anda Rontok? Inilah Cara Mengatasi Rambut Rontok

Sobat Salam, bagaimana perasaannya saat melihat banyak sekali rambut berjatuhan ke lantai alias rontok? Pastinya sangat menjengkelkan. Meski sebenarnya rambut rontok merupakan hal yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, tapi sobat juga perlu mewaspadai saat rambut rontok secara berlebihan, karena bisa memicu kebotakan. Untungnya, ada beberapa cara buat mengatasi rambut rontok. Mau tahu, dong!

Inilah cara mengatasi rambut rontok  yang bisa sobat lakukan :

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium. Sobat bisa langsung mengoleskannya pada kulit kepala secara merata. Pijat dengan lembut, lalu diamkan selama setengah jam. Setelah itu, diamkan dengan menggunakan sampo seperti keramas biasa. Lakukan setiap hari secara teratur untuk mandapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan rambut. Namun, tidak hanya itu saja, vitamin A, D, serta zat besi dan protein yang terkandung di dalamnya juga mampu mengatasi rambut rontok. Kandungan dalam aloe vera tersebut mencegah kerontokan dengan cara melindungi kulit kepala terhadap berbagai penyakit.

3. Santan

Sobat bisa menggunakan santan untuk membuat rambut halus dan mudah diatur. Caranya cukup dengan mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala dan diamkan selama tiga puluh menit. Setelah itu, bilas dengan menggunakan sampo dan air bersih.

4. Yoghurt

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Sobat cukup mengoleskannya (yoghurt tawar) ke seluruh permukaan rambut sambil dipijat, biarkan selama lima menit. Kemudian bersihkan rambut dengan sampo dan air bersih.

5. Pijat Kulit Kepala

Studi kecil menunjukkan, pijat kulit kepala selama empat menit setiap hari dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

6. Gunakan Ekstrak Gingseng

Dilansir dari Healthline, cara mengatasi rambut rontok yang praktis yaitu dengan mengoleskan ekstrak gingseng. Kandungan fitokimia dalam gingseng membantu mencegah rambut rontok.

7. Menjaga Kebersihan Rambut

Pastikan sobat menjaga kebersihan rambut dengan mencucinya pakai sampo dan kondisioner khusus rambut rontok setidaknya seminggu dua kali.

8. Gunakan Produk Perawatan Ramah Rambut Rontok

Gunakan perawatan produk yang ramah rambut rontok yang memiliki formula lembut atau berbahan dasar organik.

Hindari segala produk perawatan rambut ang formulanya keras. Seperti produk yang mengandung alkohol, amonia, peroksida, atau para-phenylenedamine.

9. Kontrol stres

Stres juga bisa menjadi penyebab rambut rontok. Agar pikiran sobat tetap rileks, caranya bisa dengan meditasi, yoga, latian pernapasan dalam, atau meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi.

Selain melakukan cara mengatasi rambut rontok, sobat juga perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kerontokan. Inilah yang bisa sobat lakukan :

  • Hindari mengikat rambut terlalu kencang seperti dikuncir atau dikepang.
  • Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  • Ubah kebiasaan menggosok rambut dengan kencang saat berkeramas, dan hindari menggunakan kuku ketika menggaruk kepala.
  • Gunakan sisir bergigi jarang
  • Biasakan mengonsumsi pola makan gizi seimbang setiap hari.

Baca Juga :

shape
shape