shape

Menurunkan Berat Badan Dengan Aktivitas Rumah? Emang Bisa?

27 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Menurunkan Berat Badan Dengan Aktivitas Rumah? Emang Bisa?

Sobat Salam, meskipun kita menyadari betapa pentingnya rutin melakukan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh tapi nyatanya kegiatan satu itu sering kali kita lewatkan.

Berbagai macam alasan sering dijadikan pembenaran, seperti tidak punya waktu karena kesibukan kerja, tidak memiliki fasilitas, hingga malas untuK memulainya.

Terlebih lagi untuk Sobat Salam yang sudah menjadi seorang ibu. Terkadang padatnya rutinitas rumah tangga yang dikerjakan membuat seorang ibu tidak memiliki waktu untuk berolahraga.

Namun nyatanya ada beberapa aktivitas rumahan yang bisa membantu tubuh kita membakar kalori berlebih sehingga baik untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan berat badan loh.

Jadi meski sibuk dengan rutinitas rumah tangga sehari-hari, kita masih bisa membakar sejumlah kalori yang menumpuk di dalam tubuh.

Ada sejumlah aktivitas membersihkan rumah yang bisa membakar banyak kalori seperti mengepel dan menyapu. Kedua kegiatan itu bisa menjadi alternatif latihan yang bagus untuk membentuk otot lengan.

Merapikan tempat tidur, cuci-jemur baju, dan membersihkan jendela adalah latihan peregangan yang bagus untuk meningkatkan fleksibilitas dan mengencangkan otot paha. Belum lagi berjalan ke sana ke mari, termasuk naik-turun tangga, adalah gerakan aerobik yang baik.

Aktivitas membersihkan rumah mungkin bukan cara yang paling ideal untuk cepat membakar kalori, tapi pertimbangkan manfaat lainnya seperti menjemur seprai dan menyapu dapat membantu untuk menjaga diri dari alergi debu, juga mengusir bakteri penyebab penyakit lainnya.

Kegiatan Membersihkan Rumah yang Membakar Kalori

Menurunkan Berat Badan Dengan Aktivitas Rumah? Emang Bisa?
Source : rukita.co

Jadi apa saja sih kegiatan rumahan yang bisa membakar kalori? Berikut penjelasannya :

1. Cuci piring

Menggosok dan mencuci piring kotor bisa membakar sekitar 160 kalori per 30 menit. Menaruh piring dan gelas bersih kembali ke tempatnya bisa membakar 105 kalori, jika Sobat bolak-balik melakukannya.

2. Menyapu

Kegiatan satu ini meski terlihat mudah, namun membutuhkan energi untuk membersihkan debu-debu halus yang menempel. Namun jika Sobat melakukannya selama 30 menit dapat membantu tubuh membakar 136 kalori.

3. Vacuum

Tergantung dari luas ruangan yang dibersihkan, setiap 60 menit melakukan vacuum, Sobat akan membakar setidaknya 200 kalori.

4. Pel lantai

Sama seperti menyapu, mengepel lantai pun selain membutuhkan ketelitian juga membutuhkan banyak energi. Jika Sobat mengepel lantai selama 60 menit, tubuh akan memerlukan energi yang dibakar dari 400 kalori dalam timbunan tubuh. Sekarang, bayangkan berapa kalori yang Sobat bisa musnahkan jika rumahnya bertingkat dua.

5. Laundry

Mulai dari cuci (dengan mesin cuci), jemur, melipat, kemudian menaruhnya kembali ke dalam lemari pakaian bisa menghabiskan setidaknya 280 kalori. Jika ditambah dengan menyetrika, artinya ada 140 kalori tambahan yang bisa dibakar setiap satu jam Sobat melakukannya.

6. Lap jendela

Melap jendela juga furnitur rumah lainnya yang bisa Sobat bersihkan (misalnya vas bunga, figura, atau hiasan meja), bisa membakar 167 kalori per 30 menit.

7. Cuci mobil

Coba cuci mobil sendiri di rumah daripada mengeluarkan uang untuk pergi ke bengkel/tempat cuci mobil. Cuci mobil manual bisa membakar 153 kalori. Selain menghemat pengeluaran, bonus tambahan yang didapat juga baik untuk menurunkan berat badan kan Sob?

8. Gosok kamar mandi

Terkadang kegiatan yang satu ini sering ditunda-tunda karena melelahkan. Justru ketika melelahkan itulah, tubuh akan memanfaatkan energi dari timbunan kalori. Membersihkan kamar mandi bisa membakar 180 kalori per 60 menit.

9. Berkebun

Penyiangan, menggali, memotong rumput, pemangkasan semak-semak bisa menghabiskan 325 kalori per jamnya. Menanam pohon dan bunga-bungaan selain mempercantik teras rumah, juga membantu membakar 250 kalori per jam.

10. Dekorasi rumah

Aktivitas membersihkan rumah terakhir yang bisa membantu membakar kalori adalah mendekor ulang rumah. Menata ulang kamar tidur atau ruangan TV bisa membakar 167 kalori per 30 menit. Memindahkan furnitur rumah bisa menghilangkan 100 kalori hanya dalam 15 menit, bahkan bisa lebih jika bolak-balik memindahkannya dari atas ke bawah.

Semua jumlah kalori tersebut di atas hanya merupakan pedoman berdasarkan tolak ukur tubuh perempuan normal dengan berat badan 68 kg. Hasil bisa bervariasi tergantung pada intensitas, postur tubuh, dan berat badan. Itulah manfaat lain membersihkan rumah dalam membakar kalori, jadi jangan malas-malasan membersihkan rumah ya Sob!

Baca Juga :

shape
shape