shape

Meredakan Cemas Dengan Minum Teh? Emang Bisa?

04 July 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Meredakan Cemas Dengan Minum Teh? Emang Bisa?

Sobat Salam, gejala kecemasan memang bisa dialami oleh siapa saja dan bahkan terkadang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan panik dulu, ada banyak langkah sederhana yang bisa Sobat lakukan di rumah untuk menangani kecemasan ini. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh.

Selain bisa membantu mengurangi gejala kecemasan, rutin meminum teh dengan jumlah tertentu juga dapat meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

Banyak sekali senyawa zat aktif yang baik untuk tubuh yang terkandung dalam secangkir teh, di antaranya, antioksidan, antiinflamasi, antibakteri, serta antivirus.

Kandungan senyawa ini pun sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, hingga menjaga kesehatan jantung, bila di minum secara rutin dalam jumlah yang wajar.

Pilihan Teh untuk Mengurangi Gejala Kecemasan

Meredakan Cemas Dengan Minum Teh? Emang Bisa?
Source : kompas.com

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis teh yang bisa dikonsumsi yang bermanfaat dalam mengurangi gejala kecemasan, di antaranya adalah :

1. Teh Peppermint

Teh ini baik untuk dikonsumsi saat tubuh kelelahan dan ampuh juga dalam meredakan alergi. Aroma segar dari peppermint ini akan memberikan efek relaksasi yang membuat perasaan lebih tenang , sehingga rasa cemas dan frustasi pun mereda.

2. Teh Chamomile

Sudah sejak lama, teh ini banyak dijadikan sebagai pengobatan alami untuk menenangkan hati dan pikiran serta menurunkan stress. Gejala gangguan kecemasan pun akan berangsur berkurang jika teh ini rutin dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

3. Teh Lavender

Tanaman satu ini juga sudah biasa dijadikan obat alami dalam memperbaiki suasana hati, karena aromanya yang menenangkan. Biasanya orang banyak mengekstrak bunga berwarna ungu ini menjadi minyak aroma terapi yang punya khasiat efektif mempercepat penyebuhan luka. Namun tanaman ini bisa juga dikonsumsi menjadi teh yang berkhasiat untuk meredakan stress, menurunkan kecemasan, hingga mengatasi kram menstruasi loh.

4. Teh Hijau

Selain terdapat kandungan antioksidan tinggi yang mampu menangkal radikal bebas, kandungan L-theanine tinggi pada teh hijau diyakini dapat mengurangi kecemasan, menenangkan pikiran, dan meredakan stress. Jika dikonsumsi secara rutin juga dapat melindungi diri dari risiko penyakit Alzheimer dan sindrom Parkinson. Teh ini juga bisa melancarkan peredaran darah dan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu Sobat yang sedang diet.

5. Teh Mawar

Teh mawar telah lama dijadikan obat herbal untuk mengatasi gangguan pencernaan, meningkatkan kualitas tidur, dan meringankan gejala menopause. Tak heran dengan menghirup aroma teh bunga mawar dapat membuat tubuh lebih tenang dan dapat mengurangi rasa cemas.

6. Teh Daun Pegagan

Daun pegagan adalah nama lain Centella asiatica, tanaman ini umumnya digunakan untuk produk perawatan kulit atau skincare. Yang diyakini dapat menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, serta meningkatkan produksi kolagen untuk membentuk sel kulit baru. Bukan hanya itu, daun pegagan ini dapat juga diekstrak menjadi teh yang jika dikonsumsi secara rutin dapat meredakan gejala kecemasan akut bahkan menurunkan tingkat depresi.

Bagaimana Sobat, tertarik untuk mencoba salah satunya? Selain dengan rutin konsumsi macam teh di atas untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal, jangan lupa juga dengan beribadah yang khusuk juga sangat ampuh untuk meredakan kecemasan.

Bila gejala kecemasanmu tak kunjung mereda dan malah semakin tak terkontrol, ada baiknya segera konsultasikan dengan tenaga ahli ya Sob!

Baca Juga :

shape
shape