shape

Mitos atau Fakta, Minyak Berbahaya Buat Kesehatan?

18 March 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, kemarin masyarakat dikejutkan dengan langkanya minyak goreng di pasaran. Terbaru lagi, sekarang harganya malah jadi naik. Para ibu rumah tangga otomatis rela untuk mencari dan mengantri dimanapun minyak itu berada. Tidak peduli mau berapapun harganya. Dengan melihat fenomena tersebut, bisa di lihat kalau minyak sangatlah penting. Di sisi lain, ada yang mengatakan minyak itu berbahaya buat kesehatan. Itu mitos atau fakta? Yuk, simak ulasannya dibawah.

Mitos atau Fakta?

7 Mitos Tentang Lemak yang Harus Diketahui Faktanya
Source : klikdokter.com

Saat banyak orang mencari minyak, memang ada juga orang yang memilih untuk menghindari makanan yang ada kandungan minyaknya, karena meyakini kalau kandungan tersebut tidak sehat.

Dari Kompas.com, menurut ahli gizi Seala Septiani, pandangan minyak tidak baik untuk kesehatan sebenarnya sedikit keliru. Karena, pada dasarnya minyak merupakan sumber lemak yang dibutuhkan tubuh sobat dan kita semua.

“Persepsi awalnya bukan karena minyak tapi karena kata-kata gorengan. Gorengan itu sering dikaitkan dengan hal-hal buruk yaitu lemak jahat dan kolesterol,” tutur Seala.

Penjelasannya, gorengan yang dibeli di luar biasanya dimasak menggunakan minyak yang sudah berulang kali pemakaiannya. Memangnya kenapa? Jawabannya karena minyak yang dipakai atau dipanaskan berulang kali, kadar lemaknya tinggi.

Akan berbeda lagi kalau dengan minyak yang digunakan untuk menumis atau dijadikan salad dressing. Minyak itu tidak dipanaskan dalam suhu tinggi, sehingga kandungannya tidak rusak.

Ada lagi seperti minyak zaitun dan minyak kedelai termasuk sumber lemak yang baik bagi tubuh. Minyak nabati mengandung PUFA (asam tidak jenuh) dan Omega-3.

Sobat, konsumsi minyak baiknya dibatasi yaitu lima sendok makan saja per hari. Dan kalau mau masak pilih metode pemanasan dengan api kecil saja seperti menumis atau roaster.

Baca Juga :

shape
shape