shape

Perhatikan! Inilah Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan Tubuh

10 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Perhatikan! Inilah Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan Tubuh

Sobat Salam, ga sedikit masyarakat yang nambah asupan suplemen dan vitamin dalam kondisi pandemi kayak sekarang ini. Selain nambah kebutuhan nutrisi dalam tubuh, asupan suplemen dan vitamin  juga bisa ningkatin daya tahan tubuh.

Dibalik manfaatnya, meminumnya juga ga boleh sembarangan karena malah bisa nyebabin gangguan kesehatan, loh.

Ahli gizi Rhiannon Lambert dalam bukunya The Science of Nutrition ngasih pernyataan kalo ngonsumsi suplemen yang mengandung vitamin atau nutrisi yang udah dimiliki tubuh dengan seimbang, alias tubuh ga kekurangan, jadinya bakal terjadi penumpukan yang bersifat racun.

Penumpukan racun ini bakal nyebabin berbagai gangguan kesehatan kayak mual, kram perut, diare, kerontokan rambut, perut begah, kelelahan atau fatigue, dan kerusakan saraf ringan.

Melansir MSN, suplemen atau vitamin kemasan sendiri terdiri dari dua macam, yaitu vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak.

Vitamin yang larut dalam air kayak misalnya vitamin C dan vitamin B. Vitamin jenis ini relatif lebih aman dikonsumsi, karena kalo tubuh ga memerlukannya, bakalan dibuang lewat urine.

Sob, ada keterangan dari CEO Jove, Natali Ardianto, iab ngasih tips konsumsi suplemen dan vitamin yang sesuai kebutuhan. Simak, ya!

1. Sering lembur dan kurang tidur

Perhatikan! Inilah Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan Tubuh

Source from klikdokter.com

Kalo kayak gini, sobat mungkin perlu banget konsumsi vitamin buat nambah kekuatan dan kekebalan tubuh. Beberapa diantaranya adalah vitamin C, D, E, dan A. Sebagai antioksidan yang kuat, manfaat vitamin C efektif buat netralin radikal bebas akibat stres oksidatif akibat tidur larut malam. Selain itu, fungsi vitamin A bisa cegah kekeringan dan kelelahan pada mata.

Sedangkan vitamin D bisa bantu penyerapan kalsium dalam tubuh, yang mana penting banget buat kesehatan tulang dan gigi meski udah lewat masa pertumbuhan. Hindari minum kopi, teh, atau minuman kafein lainnya, dan tentunya rutin olahraga, ya.

2. Atasi lemas, tambah energi

Perhatikan! Inilah Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan Tubuh

Source from klikdokter.com

Hal ini bisa diatasi dengan vitamin B12 atau suplemen zat besi. Kedua kandungan ini berfungsi buat ngejaga energimu, salah satunya biar ga ngerasa lemas. Vitamin B12 berfungsi buat ngubah makanan yang udah dikonsumsi jadi energi.

Sedangkan suplemen zat besi bisa ngebantu membentuk hemoglobin, yaitu protein dalam sel darah merah yang fungsinya buat mendistribusikan oksigen yang diproduksi oleh paru-paru ke seluruh tubuh. Kadang, kan, tubuh lemas juga bisa disebabin dari kurangnya kadar oksigen dalam darah.

3. Cegah flu di musim hujan

Perhatikan! Inilah Tips Pilih Suplemen dan Vitamin Sesuai Kebutuhan Tubuh

Source from alodokter.com

Ada beberapa jenis vitamin yang berfungsi buat ningkatin kekebalan tubuh dan cocok buat dikonsumsi saat musim hujan. Pertama, vitamin A yang ngebantu tubuh buat ngatur sistem kekebalan tubuh, sehingga kuat ngelawan bibit-bibit penyakit.

Selain itu, bisa juga ngonsumsi vitamin C dan E yang sama-sama mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi buat ngebantu tubuh ngelawan radikal bebas biar ga ngerusak sistem kekebalan tubuh, sehingga mampu ngejaga daya tahan tubuh.

Baca Juga :

shape
shape