shape

Waspada Omicron! Inilah Cara Tingkatin Imun Tubuh

04 January 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Waspada Omicron! Inilah Cara Tingkatin Imun Tubuh

Sobat Salam, daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik bisa ngelindugin kita dari virus. Jadi, punya daya tahan tubuh yang kuat penting banget buat cegah kita sakit, terutama di masa Covid-19 kayak sekarang.

Mengonsumsi makanan yang bergizi bisa bantu ngejaga sistem imun atau kekebalan tubuh biar tetep kuat dan terhindar dari infeksi Covid-19 Omicron.

Aktivitas Peningkat Imunitas Tubuh

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakuin buat ngejaga dan ningkatin imunitas tubuh :

1. Rutin berolahraga

Menurut anjuran World Health Organization (WHO), orang dewasa direkomendasiin buat olahraga (intensitas ringan-sedang) selama 150 menit dalam satu minggu.

Durasi olahraga bisa dibagi jadi 30 menit per hari sebanyak lima hari. Misalnya jalan, jogging, bersepeda, yoga, berenang, atau jenis olahraga lainnya.

2. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup lewat tidur sekitar 7-9 jam setiap malamnya, merupakan cara sederhana buat ningkatin sekaligus jaga sistem imun tubuh tetep kuat.

Soalnya, kalo ga tidur atau istirahat yang cukup, tubuh ga bisa ngeproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sedangkan sitokin sendiri fungsinya buat ngelawan peradangan, infeksi, sekaligus secara efektif menciptakan respon imun tubuh.

3. Perbanyak makan sayur dan buah

Penelitian nunjukkin, kalo orang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah cenderung ga gampang sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam ngelawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

4. Hindari stres

Stres yang ga terkendali bisa ningatin produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol bisa ngakibatin penurunan kekebalan tubuh.

Makanan Peningkat Imunitas Tubuh

Waspada Omicron! Inilah Cara Tingkatin Imun Tubuh

Melansir dari Healthline, Senin (20/12/2021), di saat pandemi masyarakat mulai milih makanan yang sehat buat ningkatin imunitas tubuh.

Apa aja, sih, makanan yang bisa ningkatin imun tubuh?

1. Buah jeruk

Vitamin C dianggap bisa ningkatin produksi sel darah putih yang merupakan kunci buat ngelawan infeksi.

2. Paprika merah

Ternyata paprika merah mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C (127 mg) sebagai jeruk Florida (45 mg).

Paprika bisa ningkatin sistem kekebalan tubuh, vitamin C bisa bantu ngejaga kesehatan kulit. Beta karoten, yang diubah tubuh jadi vitamin A, bantu ngejaga kesehatan mata dan kulit.

3. Brokoli

Brokoli sangat kayak dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan.

4. Bawang putih

Peradaban awal mengakui nilainya dalam memerangi infeksi. Bawang putih juga bisa memperlambat pengerasan pembuluh darah dan ngebantu nurunin tekanan darah.

5. Jahe

Jahe bisa ngurangin peradangan, yang bisa bantu ngurangin sakit tenggrokan dan penyakit radang. Juga ngebantu ngatasin mual dan punya khasiat nurunin kolesterol.

6. Bayam

Bayam mengandung antioksidan dan beta karoten, yang keduanya bisa ningkatin kemampuan ngelawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh.

7. Yoghurt

Yogurt bisa jadi sumber vitamin D yang bagus. Vitamin D ngebantu ngatur sistem kekebalan dan dianggap ningkatin pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

8. Almond

Almond punya kandungan antioksidan kuat dan mampu ngejaga sistem kekebalan tubuh biar tetep sehat.

9. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari penuh dengan nutrisi termasuk fosfor, magnesium, dan vitamin B-6 dan E. Vitamin E penting dalam mengantur dan ngejaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain dengan jumlah vitamin E yang tinggi termasuk alpukat dan sayuran hijau gelap.

Baca Juga :

shape
shape