shape

Suka Alpukat? Inilah manfaat Alpukat yang Harus Sobat Tau

09 December 2021

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Suka Alpukat? Inilah manfaat Alpukat yang Harus Sobat Tau

Source from liputan6.com

Sobat Salam, siapa yang suka alpukat? Aku! Alpukat punya banyak penggemar, meskipun buah yang satu ini tekstur dan rasanya unik. Tapi, alpukat kaya akan manfaat, loh.

Terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang ada di dalam alpukat kayak kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, nasin, asam folat, dan vitamin C, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Mau tau, kan, apa aja manfaat dari alpukat? Simak ini, ya!

1. Kandungan potasium lebih tinggi dari pisang

Pisang selama ini jadi buah yang dikenal dengan kandungan tinggi potasium. Tapi, rupanya, daging buah alpukat justru punya kandungan potasium lebih tinggi.

Potasium merupakan senyawa yang gunanya buat nurunin tekanan darah yang jadi penyebab dari serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

2. Kaya serat

Serat adalah nutrisi lain yang relatif kaya pada daging alpukat. Daging alpukat yang kaya serat ga gampang dicerna dalam tubuh.

Mengonsumsi alpukat berkontribusi pada penurunan berat badan, ngurangin lonjakan gula darah, dan ngurangin risiko penyakit lain yang terkait dengan kandungan gula darah.

3. Nyehatin jantung

Manfaat alpukat buat kesehatan berikutnya adalah buat kesehatan jantung. Alpukat adalah makanan berlemak tinggi, dengan 77 persen kalori di dalamnya berasal dari lemak, menjadikannya salah satu makanan nabati paling berlemak yang ada.

Tapi alpukat ga cuman ngandung lemak. Mayoritas lemak dalam alpukat adalah asam oleat atau asam lemak tak jenuh tunggal yang juga jadi komponen utama minyak zaitun, minyak buat berbagai jenis pengobatan penyakit.

4. Mengurangi kolesterol

Makan alpukat bisa nurunin kadar kolesterol kayak LDL dan tringliserida. Kolesterol jahat sendiri selama ini jadi penyebab utama penyakit jantung yang merupakan penyakit paling mematikan di dunia.

Selain itu, manfaat alpukat juga buat ningkatin kadar kolesterol baik atau HDL hingga 11 persen.

Baca Juga : Inilah Pilihan Makanan Sehat Buat Penderita Kolesterol Tinggi. Simak!

5. Lebih bugar

Sebuah studi di Amerika Serikat ngamatin kebiasaan orang yang makan alpukat. Mereka nganalisis data dari 17.567 peserta dalam survei tersebut, kalo mereka yang ngonsumsi alpukat ternyata jauh lebih sehat daripada orang yang engga makan buah ini.

Mereka punya asupan nutrisi yang jauh lebih tinggi. Ga cuman itu, orang yang makan alpukat secara teratur juga punya berat badan yang lebih rendah.

6. Bantu penyerapan nutrisi

Alpukat bantu sistem pencernaan dalam penyerapan nutrisi makanan. Ini karena kandungan lemaknya yang besar.

Beberapa nutrisi yang masuk ke tubuh cuman bisa larut dalam lemak, artinya perlu dicampur dengan lemak biar bisa dimanfaatiin. Vitamin A, D, E dan K larut dalam lemak, bersama dengan antioksidan kayak karotenoid.

7. Kesehatan mata

Alpukat ga cuman ningkatin penyerapan antioksidan dari makanan, tapi juga antioksidan yang tinggi.

Ini termasuk karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang sangat penting buat kesehatan mata. Buah ini bisa cegah terjadinya katarak mata.

Baca Juga : Mata Minus Harus Datangi Dokter Mata. Apa Alasannya?

8. Cegah kanker

Dalam sebuah penelitian, ekstrak alpukat juga udah kebukti ngehambat pertumbuhan sel kanker prostat di laboratorium.

Hal ini nunjukkin kalo alpukat bisa berguna buat pencegahan kanker. Bahkan, buah ini juga disebut sebagai salah satu obat buat ngebantu penyembuhan kanker.

9. Ringanin gejala arthritis

Arthritis adalah masalah umum di negara-negara maju. Ada banyak jenis gejala penyakit ini, yang seringkali merupakan masalah kronis yang dialami orang selama sisa hidup mereka atau masa tua.

Berbagai penelitian nunjukkin kalo ekstrak minyak alpukat bisa ngurangin osteoartritis. Ini sebabnya, alpukat sangat direkomendasiin buat para lansia.

10. Ngurangin berat badan

Meski berlemak, salah satu manfaat alpukat adalah buat ngurangin berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang yang makan alpukat dalam menu makanannya ngerasa 23 persen lebih kenyang dan punya keinginan 28 persen lebih rendah buat makan lagi selama 5 jam berikutnya.

Manfaat dari alpukat juga tinggi serat dan sangat rendah karbohidrat, dua atribut yang juga bantu nurunin berat badan, seengganya dalam konteks diet sehat berbasis makanan.

Baca Juga : Terbukti Secara Ilmiah! 5 Cara gampang Nurunin Berat Badan

11. Makanan lezat

Selain kaya nutrisi, manfaat alpukat tentunya karena rasa yang lezat. Alpukat bsia ditambahin ke salad dan berbagai resep lainnya. Alpukat punya tekstur yang lembut, kaya, berlemak dan menyatu baik dengan bahan lainnya.

Nah kalau Sobat Salam lebih suka boost multivitamin yang cepat dan instant, cocok banget nih buat pake infus booster multivtamin Salam Homecare. Isinya udah komplit banget semua vitamin yang dibutuhin tubuh setiap hari, jadi badan langsung sehat dan fit! Apalagi dimasa pandemi dan ancaman covid-19 setiap saat kan. Yuk Intip dulu layanannya disini ya!

Konsultasi Layanan Disini!

Sumber : kontan.co.id / katadata.co.id

shape
shape