shape

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kulit

12 March 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kulit

Sobat Salam, apakah tomat bermanfaat untuk perawatan kulit? Selain menyegarkan, mafaat tomat untuk wajah ternyata sudah digunakan oleh banyak orang. Tomat mempunyai banyak menfaat untuk berbagai masalah kulit, dan mengangkat sel kulit mati hingga mencegah kanker.

Kandungan Tomat

Dikutip dari Verywell Fit, satu tomat kecil 91 gram menyediakan :

  • Kalori : 16
  • Protein : 0,8 gram
  • Karbohidrat : 3,5 gram
  • Lemak : 0,2 gram
  • Serat : 1,1 gram
  • Gula : 2,4 gram
  • Vitamin C : 12,5 mg
  • Vitamin K : 7,2 mcg
  • Natrium : 5 mg
  • Karbohidrat : tomat dianggap sebagai makanan indeks glikemik rendah
  • Lemak : seperti kebanyakan buah dan sayuran, tomat mengandung sangat sedikit lemak
  • Protein : hanya ada kurang dari 1 gram protein dalam tomat kecil yang segar
  • Vitamin dan mineral : tomat merupakan sumber kalium dan vitamin C. Beberapa bentuk vitamin A yang bermanfaat juga ada dalam tomat, seperti lutein, zeaxanthin, dan lycopene
  • Kalori : satu tomat kecil (91 gram) menyediakan 16 kalori, 73 persen diantaranya berasal dari karbohidrat, 18 persen dari protein, dan 9 persen dari lemak

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kulit

Dikutip dari Healthine, kandungan sifat antioksidan dan vitamin C dalam tomat yang sebagian besar memberikan manfaat untuk kesehatan kulit.

Inilah manfaat tomat untuk kesehatan kulit :

1. Melembapkan Kulit

Kebanyakan orang mengoleskan masker tomat atau meletakkan irisan buahnya langsung ke kulit untuk mengatasi kulit kering. Hal itu karena tomat kaya dengan kandungan kaliumnya.

Dari hasil studi yang dimuat dalam Journal of Dermatological Science mengemukakan kalau kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap kondisi kulit kering pada penderita dermatitis atopik.

2. Meredakan Peradangan Kulit

Tomat mempunyai banyak kandungan yang bersifat antiradang, seperti likopen, beta-karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C. Kandungan antiradang berpotensi untuk meredakan inflamasi dan iritasi kulit.

3. Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Manfaat tomat bagi kulit wajah bisa digunakan sebagai toner. Khasiatnya mampu mengurangi produksi minyak berlebih sekaligus menyegarkan kulit wajah lebih lama.

Cara membuat toner wajah dari tomat adalah mencampurkan jus tomat dan mentimun segar. Lalu, oleskan toner yang terbuat dari campuran tadi ke wajah menggunakan kapas.

4. Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

Dikutip dari Healthline, beberapa orang mengklaim kalau enzim dalam tomat bisa memberikan manfaat pengelupasan kulit saat dioleskan ke kulit.

Untuk membuat scrub tomat, bisa campurkan gula dan tomat yang sudah dihaluskan. Lalu, scrub tomat itu bisa digosokkan ke tubuh, tapi disarankan untuk menghindari area wajah.

5. Mencegah Jerawat

Jerawat disebabkan oleh kotoran atau bakteri yang terperangkap di kulit atau bahkan minyak yang menempel di pori-pori.

Hal itulah yang menyebabkan kulit wajah banyak jerawat, apalagi kalau sobat termasuk tipe orang yang suka memencet jerawat, bisa menyebabkanb kulit makin bermasalah.

Tomat mengandung vitamin A, C, dan K, dan juga mempunyai sifat asam yang membantu menjaga tingkat PH yang tepat untuk kesehatan kulit dan mempunyai sifat untuk membersihkan secara mendalam.

6. Mengurangi Risiko Terbakar Sinar Matahari

Dikutip dari Healthline, tomat bukan pengganti tabir surya, tapi likopen dalam buah ini mempunyai efek foto-protektif.

Makan tomat berpotensi menawarkan beberapa perlindungan dari eritema atau sengatan matahari yang diinduksi sinar UV.

Dari studi tahun 2006, menemukan kalau setelah 10 sampai 12 minggu menelan likopen atau produk tomat yang kaya likopen, orang menunjukkan penurunan sensitivitas terhadap radiasi UV.

Untuk mendapat tambahan vitamin yang cepat meresap dalam kulit dan tubuh, sebaiknya langsung menggunakan infus vitamin C. Infus ini juga bagus untuk booster imun kamu Sob! Salam Homecare menyediakan Layanan Infus Booster Vitamin C, dan lagi ada PROMO juga, cek promonya disini yuk!

Baca Juga :

shape
shape