shape

Waspada Kosmetik Karsinogen yang Sebabkan Kanker

24 October 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Waspada Kosmetik Karsinogen yang Sebabkan Kanker

Sobat Salam, teliti lagi yuk dalam memilih kosmetik sehari-hari. Karena baru-baru ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) menciduk 16 produk kosmetik mengandung bahan yang bersifat karsinogen lho.

Bahan yang terkandung di kosmetik adalah pewarna merah K3 dan K10. Kedua bahan tersebut termasuk pewarna yang dilarang karena bisa berisiko bersifat karsinogen.

Data temuan dari BPOM menunjukkan bahwa ada bahan pewarna Merah K3 dan Merah K10 yang berpotensi menyebabkan kanker.

Akibat kandungan berbahaya itu, BPOM pun menarik produk-produk tersebut dari peredaran.

Daftar Produk Mengandung Karsinogen

Berikut ini 16 kosmetik berbahan karsinogen.

  • Madame Gie : Madame Gie Sweet Cheek Blushed 03, Madame Gie Nail Shell 14, Madame Gie Nail Shell 10.
  • Casandra Cosmetic : Casandra Lip Balm Care With Aloe Vera (Strawberry), Casandra Lip Balm Magic (Strawberry), Casandra Lip Balm Magic (Orange).
  • LOVES ME : LOVES ME Keep Color Trio Eyeshadow LM3044 04, LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3016 02, LOVES ME The Matte Eyeshadow LM3022
  • MISS GIRL : MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.2, MISS GIRL Eyeshadow + Blush On No.3.
  • MISS ROSE: MISS ROSE Matte 33 Orchid 7301-043B33, MISS ROSE Matte 46 Love Bug 7301-043B46, MISS ROSE Matte 52 Americano 7301-043B52, MISS ROSE Matte 48 Beeper 7301-043B48, MISS ROSE Matte 50 Loved 7301-043B50.

Apa itu Karsinogen?

Karsinogen adalah zat atau paparan yang dapat menyebabkan kanker. Zat ini menyebabkan kanker karena bisa merusak DNA yang membawa informasi genetik dalam sel. Karsinogen dapat secara langsung merusak DNA, kemudian menyebabkan perubahan yang disebut dengan mutasi.

Dalam hal ini, karsinogen dapat menyebabkan kerusakan dan peradangan, yang menyebabkan sel membelah lebih cepat. Zat karsinogen ini juga bisa kita temui dalam beberapa jenis, termasuk bahan kimia, virus, obat-obatan, dan polutan.

Masalah yang timbul bisa berupa iritasi, mual, sampai menyabkan perubahan bentuk sistem dalam tubuh karena mengandung zat karsinogen.

Macam-macam Bentuk Karsinogen

Berikut jenis karsinogen di sekitar kita yang dapat menyebabkan kanker:

  • Bahan Kimia di Rumah dan Tempat Kerja

Contohnya adalah formaldehida, yaitu karsinogen yang digunakan dalam bahan bangunan, berbagai furnitur dan produk rumah tangga.

Biasanya karsinogen tersebut ditemukan pada produk kayu komposit yang mengeluarkan bahan kimia ke dalam ruangan.

  • Industri

Pewarna merah K3 dan K10 merupakan pewarna industri tekstil. Pewarna tekstil memang sangat sering disalahgunakan dalam kosmetik seperti eyeshadow, lipstik, hingga blush on, untuk mendapatkan warna makeup yang lebih mencolok. Pewarna tekstil lain yang sering disalahgunakan dalam kosmetik yaitu Rhodamin B (CI 45170, Basic Violet 10), dan Jingga K1 (CI 12075, Pigment Orange 5).

  • Barang Elektronik

Kandungan pada bahan elektronik yaitu merkuri yang biasanya ada pada peralatan termometer, barometer, pompa difusi, lampu uap merkuri, sakelar merkuri, dan alat-alat elektronik lainnya juga sering disalahgunakan menjadi bahan baku kosmetik dan skincare agar dapat mencerahkan dengan waktu instan.

  • Radiasi Lingkungan

Tanpa kita sadari, radiasi ultraviolet (UV) dari matahari juga merupakan penyebab kanker kulit yang terkenal.

Oleh karena itulah, sebelum beraktivitas sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya di atas SPF 30, ya Sob!

  • Radiasi Medis

Paparan radiasi yang terjadi selama tes diagnostik tertentu, seperti computed tomography (CT scan), dan terapi radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker bersifat karsinogenik.

  • Virus

Virus yang dapat menyebabkan kanker di antaranya adalah Human papillomavirus (HPV), hepatitis B dan hepatitis C, human t-lymphocyte virus tipe 1 (HTLV-1), virus Epstein-Barr, dan human immunodeficiency virus (HIV)

  • Obat-obatan

Beberapa obat kemoterapi dan terapi hormonal juga mengandung karsinogen yang meningkatkan risiko kanker.

  • Polusi

Udara di luar dan dalam mungkin mengandung polutan yang bersifat karsinogenik sehingga menyebabkan kanker.

Polutan udara luar yang dimaksud bisa dari industri atau pembangkit listrik, knalpot mesin, dan asap kebakaran sangat terkait dengan kanker paru-paru.

Sedangkan polutan udara dalam ruangan yakni, bahan bangunan, penghambat api, asap cat, produk pembersih, dan debu.

  • Gaya Hidup

Beberapa kebiasaan atau gaya hidup dapat berkontribusi pada mutasi sel yang menyebabkan kanker.

Kebiasaan tersebut meliputi merokok atau terpapar asap rokok, konsumsi alkohol, kegemukan atau obesitas, pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik atau olahraga.

Beberapa hal mungkin dapat meningkatkan risiko kanker hanya setelah paparan singkat. Tetapi, beberapa orang mungkin hanya akan mengembangkan kanker setelah paparan tingkat tinggi yang berkepanjangan.

Jadi cara aman dalam memilih kosmetik, Sobat Salam bisa lebih teliti dalam mengecek kandungan dalam kosmetik yang akan Sobat pakai.

Selain itu, terapkan juga polah hidup sehat untuk menjaga tubuh kita dari paparan zat karsinogenik.

Bahaya Lain Kosmetik Berbahaya

Selain bersifat karsinogen, kosmetik berbahaya juga memiliki dampak buruk untuk kulit sebagai berikut :

1. Iritasi di Kulit

Kosmetik dengan kandungan yang berbahaya bisa menimbulkan rasa seperti terbakar, perih dan kemerahan pada kulit, terutama pada kulit sensitif. Kosmetik berbahaya ini juga dapat menimbulkan chronosis (kulit berwarna kehitaman) yang sifatnya permanen .

2. Iritasi Pada Mata

Produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya, terutamapada kosmetik yang digunakan di area mata seperti eyeshadow atau pensil alis yang jika tidak sengaja terkena bagian mata dapat memicu iritasi hingga luka kronis mata.

3. Kelainan Pada Janin

Tidak hanya bagi kesehatan kulit, kandungan bahan berbahaya pada kosmetik juga dapat menimbulkan cacat pada janin yang dikandung oleh ibu.

4. Gangguan Fungsi dan Kanker Hati

Bahan berbahaya pada kosmetik seperti pewarna Merah K3 dan Merah K10 juga dapat membahayakan organ dalam tubuh seperti mengganggu fungsi kerja hati, hingga kanker.

Baca Juga :

shape
shape