shape

Benarkah Olahraga Dapat Menyehatkan Mental?

20 August 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Benarkah Olahraga Dapat Menyehatkan Mental?

Sobat Salam, menjaga kesehatan mental tetap dalam kondisi baik sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Dua hal ini saling berkaitan, karena jika kesehatan mental tidak dijaga maka akan berdampak pada kesehatan fisik.

Kesehatan mental yang tidak baik dapat memicu stres. Dan stres ini termasuk ke dalam salah satu pemicu masalah kesehatan fisik. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mental.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga mental tetap dalam keadaan sehat, salah satunya dengan melakukan hal-hal yang disukai, berdoa dan bermeditasi. Namun ternyata ada satu cara yang dinilai ampuh untuk meningkatkan kesehatan mental, yaitu dengan berolahraga.

Jika dilakukan secara rutin, olahraga dapat membuat suasana hati meningkat, karena adanya peningkatan kadar hormon endorphin. Selain itu olahraga yang rutin ini bila dipadukan dengan pola makan sehat dapat menghindarkan kita dari stres dan masalah kesehatan mental lainnya.

Manfaat Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mental

Benarkah Olahraga Dapat Menyehatkan Mental?
Source : halodoc.com

Berikut ini beberapa manfaat yang akan Sobat dapatkan untuk kesehatan mental jika rutin berolahraga, di antaranya :

  • Meredakan kecemasan
  • Memperbaiki suasana hati
  • Mendongkrak rasa percaya diri
  • Meningkatkan konsetrasi dan fokus
  • Memperbaiki kualitas tidur

Kenapa Olahraga Baik untuk Kesehatan Mental?

Benarkah Olahraga Dapat Menyehatkan Mental?
Source : klikdokter.com

Ketika kita rutin berolahraga, maka aktivitas fisik yang kita lakukan ini akan meningkatkan sirkulasi darah ke otak dan mempengaruhi hypothalamic-pituitary-adrenal axis (HPA).

HPA ini merupakan sistem dalam otak yang memediasi sistem limbik (yang mengontrol motivasi dan suasana hati), amigdala (yang menimbulkan rasa takut sebagai respons terhadap stres), dan hipokampus (yang berperan penting dalam pembentukan suasana hati dan motivasi).

Selain mempengaruhi sistem kerja otak, aktivitas fisik yang dilakukan pun akan membuat tubuh melepaskan hormon seperti, endorphin, dopamine, setrotonin.

Hormon endorphine ini dapat memberikan efek pereda nyeri alami dan membantu menimbulkan perasaan euphoria. Sedangkan dopamine mampu meningkatkan mood, sehingga dikenal juga dengan happy hormone. Ketika serotonin juga ikut meningkat, ternyata dapat berdampak positif pada suasana hati dan dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental

Benarkah Olahraga Dapat Menyehatkan Mental?
Source : farmaku.com

Berikut ini ada beberapa jenis olahraga yang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mental, yang bisa Sobat coba. Di antaranya adalah :

1. Yoga

Dengan melakukan yoga secara rutin, emosi dan kesehatan mental akan terpelihara dengan baik. Karena gerakan-gerakan dalam yoga ini terkesan santai dan menitik beratkan pada fokus pengaturan nafas. Dengan begitu dapat membantu mental menjadi tenang dan rileks.

2. Lari

Ketika banyak masalah dan stres, daripada lari dari kenyataan lebih baik kita lari beneran Sob! Karena jika rutin melakukan aktivitas fisik satu ini dapat meningkatkan mood dan memberikan ketenangan hati. Selain terhindar dari stres, kesehatan tubuh pun akan ikut terpelihara.

3. Jalan Santai

Jika Sobat kurang suka berlari, aktivitas satu ini bisa jadi alternatif untuk memelihara kesehatan mental. Jalan santai yang dilakukan di tempat yang nyaman dan sejuk dapat membantu menghilangkan stres serta mengatasi gangguan kecemasan berlebih. Jika dilakukan secara rutin selama 30 menit, gangguan mental dan gangguan kecemasan yang dialami dapat berangsur baik, sekaligus dapat mengatasi pegal-pegal pada tubuh.

4. Renang

Berenang juga dapat membuat pikiran tetap fokus dan membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang dialami. Selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh dengan gerakan yang banyak dalam berenang, olahraga satu ini juga dapat menjaga jiwa tetap sehat.

5. Zumba

Olahraga yang satu ini biasanya dilakukan dengan diiringi oleh musik-musik energi yang dapat membangkitkan semangat. Selain itu gerakannya juga bervariasi dan menyenangkan dengan dilakukan secara berkelompok. Tentu saja Zumba ini menyenangkan untuk dilakukan sehingga memicu meningkatnya produksi hormon endorphine yang dapat meningkatkan rasa bahagia,

Nah itu dia Sob, beberapa olahraga yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mental. Jika dilakukan secara rutin dan didukung oleh pola tidur dan pola makan yang baik, maka akan sangat berpengaruh pada kesehatan mental.

Baca Juga :

shape
shape