shape

Inilah Cara Meningkatkan Kekuatan Jantung

26 February 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Inilah Cara Meningkatkan Kekuatan Jantung

Sobat Salam, apa kalian juga berpikir kalau membuat organ tubuh kerja terlalu keras itu bisa merusak fungsinya? Tapi, hal tersebut tidak berlaku untuk jantung, loh.

Setiap hari, jantung berdetak rata-rata 100.000 kali untuk memompa darah melalui sistem besar pembuluh darah yang panjangnya lebih dari 60.000 mil. Karena fungsi itulah kita harus menjaga kekuatan jantung sebaik mungkin.

Menurut ahli jantung Leslie Cho, membuat jantung bekerja lebih keras melalui aktivitas fisik intensitas sedang hingga tinggi secara konsisten bisa membantu menurukan tekanan darah dan membuat jantung lebih kuat.

Jantung terdiri dari banyak otot, seperti bisep, makin sering jantung dilatih, maka organ itu makin besar dan kuat.

Seiring waktu, hal itu membuat jantung bekerja lebih efisien dan bisa mendorong keluar volume darah yang lebih besar saat berdetak.

Olahraga juga meningkatkan aliran darah ke jantung. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan kemampuan pembuluh darah koroner, yang merupakan arteri yang memasok darah ke jantung.

Inilah beberapa olahraga yang baik dilakukan untuk kekuatan jantung :

1. Olahraga Interval

Olahraga ini baik untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kebugaran tubuh. Contoh olahraganya, sobat olahraga dengan jalan kaki, bisa melakukannya dengan 3 menit jalan dengan kecepatan normal, dan 1 menit dengan kecepatan tinggi.

2. Aerobik

Olahraga aerobik meningkatkan sirkulasi darah yang menghasilkan penurunan tekanan darah dan detak jantung. Olahraga ini juga membantu curah jantung atau seberapa baik jantung memompa. Aerobik juga mengurangi risiko diabetes tipe 2, kalau seseorang sudah mempunyai diabetes sebelumnya. Olahraga ini dilakukan selama 30 menit sehari, setidaknya lima kali dalam seminggu.

3. Latihan Beban

Olahraga ini melibatkan banyak otot dan membangun keseimbangan tubuh. Otot tubuh yang kuat akan meringankan beban pada jantung.

4. Core Training

Olahraga ini melatih otot inti tubuh yaitu pilates. Latihan ini akan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh, serta otot jantung.

5. Yoga

Ketenangan yang didapatkan dari olahraga yoga bisa menurunkan tekanan darah. Pembuluh darah pun lebih elastis, dengan begitu kesehatan otot jantung pun meningkat.

6. Fisik yang aktif sepanjang hari

Selain olahraga, terkadang aktif secara fisik pun cukup untuk menjaga kesehatan tubuh. Orang yang aktif dalam aktivitas sepanjang hari, bisa membakar banyak kalori. Contoh aktivitas yang bisa dilakukan seperti membersihkan rumah, berkebun, atau mencuci motor.

Aktivitas sehari-hari sama sehatnya dengan olahraga selama 30 menit hingga 60 menit. Gunakan juga pedometer untuk mengukur seberapa aktif sobat di luar waktu olahraga.

Ada hal lain bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan jantung. Apa saja?

1. Cobalah diet DASH

DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Pola makan ini berfokus pada pengurangan asupan garam dari diet dan menambahkan makanan kaya potasium, kalsium, dan magnesium.

2. Kurangi asupan natrium

Terlalu banyak garam bisa meningkatkan volume darah, yang bisa memperburuk masalah tekanan darah. Karena itu, disarankan untuk mengurangi asupan natrium.

3. Hindari alkohol

Alkohol berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya, menghindari jenis makanan tersebut.

Baca Juga :

shape
shape