shape

Apa Penyebab Nyeri Dada yang Tembus ke Punggung?

26 February 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Sobat Salam, ada orang yang merasakan nyeri dada sampai tembus ke punggung. Kenapa, ya? Rasa sakitnya bisa terjadi di salah satu bagian tubuh, atau di kedua sisi tubuh.

Nyeri dada sampai punggung bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, mulai dari yang ringan hingga serius. Kita harus mengetahui penyebabnya untuk bisa membedakan mana kondisi yang biasa terjadi atau kondisi yang perlu segera ditangani dokter.

Biasanya, nyeri itu terjadi akibat adanya masalah di organ dalam tubuh, seperti jantung hingga paru-paru.

Nah, berikut ini penyebab dari nyeri dada yang tembus sampai ke punggung.

1. Serangan jantung

Dikutip dari Healthline, nyeri dada sampai ke punggung bisa jadi gejala serangan jantung. Penderita serangan jantung biasanya merasakan gejala sesak napas, keluar keringat dingin, pusing, mual, dan ingin pingsan.

2. Otot dada dan punggung atas tegang

Melansir dari Spine-Health, ketegangan di otot dada dan punggung atas bisa menyebabkan nyeri. Kondisi ini bisa dipengaruhi aktivitas fisik yang banyak melibatkan otot di kedua bagian tubuh tersebut. Seperti mengangkat beban, mengelap jendela yang besar, atau olahraga yang porsinya berlebihan.

3. Angin duduk

Masuk angin duduk atau angina adalah kondisi saat jaringan jantung kekurangan pasokan darah kaya oksigen. Kondisi ini biasanya dirasakan penderita penyakit jantung koroner yang menjalankan aktivitas fisik berlebihan atau kelelahan.

Selain nyeri dada yang sampai ke punggung, gejala angina lainnya yaitu badan lemas, sesak napas, berkeringat, dan ingin pingsan.

4. Asam lambung naik

Penyakit asam lambung terkadang juga bisa menyebabkan nyeri dada yag tembus sampai ke punggung kondisi ini disebabkan asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. Gejala asam lambung naik muncul setelah makan, kondisi perut kosong, atau di malam hari.

5. Perikarditis

Perikarditis terjadi saat perikardium (kantung berisi cairan yang menyelimuti jantung) mengalami peradangan. Perikarditis bisa disebabkan oleh infeksi atau penyakit autoimun.

6. Aneurisma aorta

Aneurisma aorta terjadi saat dinding aorta (pembuluh darah besar) melemah akibat cedera atau kondisi medis lainnya. Rasa nyeri yang disebabkan aneurisma aorta bsia muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk dada dan punggung.

Waspada, kalau sampai aneurisma aorta ini pecah karena akan menyebabkan pendarahan yang mengancam nyawa.

7. Emboli paru

Emboli paru adalah kondisi medis yang terjadi saat pembuluh darah di paru-paru tersumbat. Biasanya, emboli paru diakibatkan oleh terlepasnya bekuan darah di bagian tubuh lain, yang kemudian mengalir ke paru-paru dan terperangkap di salah satu pembuluh darahnya.

8. Pleurisi

Pleura adalah membran dua lapis yang menyelimuti paru-paru dan rongga dada. Saat pleura mengalami peradangan, kondisi ini dikenal dengan sebutan pleurisi atau pleuiritis.

Penyebabnya beragam, bisa infeksi, penyakit autoimun, hingga berbagai jenis kanker. Rasa nyerinya disebabkan karena pleurisi akibat kedua membran itu bergesekkan.

9. Nyeri ulu hati (heartburn)

Nyeri ulu hati atau heartburn adalah munculnya sensasi terbakar di bagian dada, tepat di belakang tulang dada. Nyeri itu terjadi saat asam lambung naik hingga ke kerongkongan.

10. Tukak lambung

Tukak lambuung adalah luka yang muncul di sistem pencernaan, seperti dinding lambung, usus halus hingga esofagus.

Mayoritas kasus tukak lambung disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori. Orang yang sedang mengonsumsi obat aspirin atau antiinflamasi nonsteroid juga bisa mengalami kondisi ini.

11. Batu empedu

Batu empedu merupakan penumpukan batu (biasanya karena kolesterol) yag terbentuk di kantung empedu. Rasa nyerinya akan terasa di bagian kanan tubuh, terkadang bisa menyebar ke bagian punggung dan bahu.

12. Pankreatitis

Pankreas adalah organ tubuh yang mempunyai tugas untuk memproduksi enzim pencernaan dan hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Saat pankreas mengalami peradangan, kondisi ini dikenal dengan pankreatitis.

Pankreatitis terjadi saat enzim pencernaan di dalamnya menjadi aktif sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan. Infeksi, cedera, hingga kanker bisa memicu terjadinya kondisi ini.

13. Kanker

Beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru dan kanker payudara, bisa menyebabkan nyeri dada tengah sampai punggung secara bersamaan.

Sebuah riset, 25 persen pasien kanker paru-paru akan merasakan nyeri di punggungnya. Hal ini bisa terjadi akibat tumor menekan tulang belakang atau saraf yang mengelilinginya.

14. Herpes zoster

Herpes zoster terjadi karena adanya reaktivitas virus yang disebabkan oleh cacar air (varicellazoster). Kondisi ini menyebabkan munculnya ruam yang disertai luka lepuh berisikan cairan.

Baca Juga :

shape
shape