shape

Kenapa Musim Hujan Membuat Sakit?

06 March 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Kenapa Musim Hujan Membuat Sakit?

Sobat Salam, kebanyakan orang saat musim hujan jadi sakit. Bahkan beberapa jenis penyakit seperti malaria, flu, tifus, batuk, influenza, diare dan lainnya. Apakah penyebabnya?

Penyebab Munculnya Penyakit Di Musim Hujan

Kenapa Musim Hujan Membuat Sakit?
Source : cnnindonesia.com

Sesuai data dari pusat krisis kesehatan Kementerian Kesehatan RI memang musim hujan selalu disertai dengan beberapa penyakit.

Saat musim hujan terdapat perubahan suhu yang ekstrim. Apalagi tubuh manusia sangat sensitif terhadap perubahan suhu terlebih saat pergantian musim.

Selain itu, saat musim hujan udara relatif dingin. Saat udara dingin masuk ke hidung, tubuh jadi tidak efektif untuk melawan virus sehingga virus seperti flu biasa, flu, dan Covid-19 lebih mudah menyebar di musim hujan.

Saat musim hujan, sinar matahari juga jarang muncul. Akhirnya, paparan sinar matahari yang mengenai tubuh juga berkurang. Padahal, sinar matahari diperlukan untuk pembuatan vitamin D agar sistem imunitas tubuh bekerja efektif.

Cara Terhindari Dari Penyakit Selama Musim Hujan

Kenapa Musim Hujan Membuat Sakit?
Source : alodokter.com

Sobat harus melakukan langkah berikut ini agar tetap terhindar dari penyakit selama musim hujan. Simak Ini!

1. Memakai Masker

Masker bisa mencegah sobat untuk terkena droplet atau tetesan pernapasan dari orang lain yang bisa saja membawa virus. Dengan begitu juga, sobat melindungi orang sekitar agar tidak terkena droplet yang keluar dari hidung dan mulut sobat.

2. Rutin Mencuci Tangan

Kuman di tangan sobat bisa menginfeksi orang lain, begitu pula diri sendiri.

3. Hindari Menyentuh Wajah

Area wajah merupakan jalan masuknya kuman ke tubuh, loh.

Untuk mencegah terkena gejala panas dalam, penting juga untuk dilakukan pencegahan. Hal yang dilakukan dengan mempersiapkan diri terhadap perubahan cuaca yang sangat ekstrim, seperti memakai baju lebih tebal, tidak banyak keluar saat cuaca tidak bersahabat, makan dan  minum lebih sering dan banyak, serta banyak minum yang mengandung mineral.

Baca Juga :

shape
shape