shape

Totok Saraf, Perbaiki Kesehatan Fisik Hingga Mental

03 November 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Totok Saraf, Perbaiki Kesehatan Fisik Hingga Mental

Ada pengobatan alternatif yang cukup menarik nih, Sob. Bukan hanya bermanfaat untuk meredakan permasalahan fisik saja, namun pengobatan alternatif ini juga dapat memperbaiki mood.

Pengobatan alternatif ini mungkin akan cocok, bagi Sobat Salam yang kurang suka mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan nyeri di fisik. Mungkin Sobat Salam pernah mendengar totok syaraf.

Pengobatan ini berasal dari China yang telah ada sejak 6000 tahun lalu. Awalnya, totok saraf merupakan ilmu bela diri dari perguruan silat Shaolin. Para murid Shaolin menggunakan totok untuk mematikan lawan dengan menghalangi peredaran darah.

Kini teknik totok cenderung digunakan sebagai metode memperlancar peredaran darah. Ini berfungsi hampir sama dengan akupuntur, yaitu menekan titik akupunktur hanya saja tidak memakai jarum.

Apa Itu Totok Syaraf?

Teknik totok syaraf merupakan salah satu pengobatan alternatif untuk menstimulasi saraf agar dapat bekerja dengan baik. Ada beberapa titik totok syaraf yang mempengaruhi organ dalam tubuh.

Pada dasarnya ilmu totok berasal dari ilmu kedokteran kuno Asia Timur. Namun, sistem saraf dalam ilmu kedokteran modern dan tradisional adalah dua hal yang berbeda.

Meskipun begitu, keduanya dapat berjalan berdampingan. Biarpun cara menangani sebuah penyakit yang sama bisa saja berbeda. Jenis totok juga sangat beragam, ada yang berupa totok punggung, totok wajah, hingga totok darah.

Totok tidak sama dengan pijat karena penekanan totok adalah titik akupuntur sementara pijat tidak demikian. Totok juga memiliki spesifikasi tertentu misalnya saja perut, wajah, bahkan payudara.

Totok memakai ujung jari tangan untuk mengalirkan energi Chi ke tubuh. Tekanan pada titik totok saraf disesuaikan dengan keluhan yang diderita pasien.

Manfaat Totok Syaraf

Manfaat dari pengobatan ini tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Totok bermanfaat untuk merangsang peredaran darah dalam tubuh dapat berjalan lancar. Peredaran darah yang tidak lancar akan membuat tubuh mudah nyeri. Tanda lainnya adalah mati rasa, kesemutan bahkan sakit berdenyut.

  • Meningkatkan Kecantikan

Totok juga berguna untuk meningkatkan kecantikan. Produktivitas kolagen meningkat dan membuat wajah semakin glowing. Tidak hanya itu, totok dapat membantu mengecilkan pori-pori.

Manfaat lainnya bagi kulit jika rutin melakukan totok wajah maupun aura ialah mencegah keriput. Kulit akan mengalami detoksifikasi alami sehingga drainase limfatik dapat meningkat.

  • Mengurangi Ketegangan Otot

Totok juga mampu mengurangi ketegangan otot. Peregangan otot mampu mencegah sakit kepala dan tubuh jadi lebih lentur. Selain itu juga mampu meningkatkan jangkauan sendi.

  • Meningkatkan Daya Ingat dan Kreativitas

Keunggulan lainnya dari totok adalah mampu meningkatkan daya ingat. Kita dapat berkonsentrasi dengan mudah sehingga kreativitas pun meningkat serta badan terasa lebih segar setelahnya.

  • Memperbaiki Mood

Totok tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik tubuh melainkan mampu memperbaiki mood. Ampuh dalam menurunkan stres, sehingga keluhan sakit kepala dapat berkurang.

Titik Totok Syaraf

Teknik pengobatan ini bisa juga Sobat Salam praktekan di rumah lho. Nah jika tertarik untuk mencobanya, berikut ini ada beberapa titik totok syaraf yang meliputi :

1. Kepala

Jika sering mengalami sakit kepala, totok syaraf dapat dicoba untuk alternatif. Sakit kepala sering ditimbulkan karena tingginya stres. Jika dibiarkan, ini akan menyebabkan migrain. Untuk relaksasi dan meredakan sakit kepala, Sobat Salam harus sedikit menurunkan bahu.

Coba luruskan punggung dan leher. Posisikan telunjuk dan jari tengah masing-masing di tengah sehingga ujung jari bersentuhan dengan dasar tengkorak. Berikan tekanan lembut dan pelan-pelan geser jari ke luar.

2. Leher

Terlalu sering membungkuk bisa menyebabkan sakit pada leher. Hal ini tentu membuat tidak nyaman ketika menoleh atau tidur. Cara mengatasinya adalah dengan menekan kuat area yang sakit menggunakan jari.

Gerakan jari dengan pola melingkar dan ulangi ke arah yang berlawanan juga. Lakukan gerakan ini selama 3-5 menit.

3. Perut

Jika sering mengalami sembelit maka totok dapat menjadi solusinya. Totok saraf mampu memberikan rangsangan ke usus sehingga mengurangi kram, kembung maupun perut sesak.

Totok pada perut dilakukan dalam posisi telentang. Setelah itu letakan telapak tangan pada sisi kanan perut bagian bawah. Pijat dengan gerakan melingkar hingga naik ke tulang rusuk.

Lakukan hal yang sama melewati tulang rusuk kiri. Pijat pusat selama 2-3 menit dengan gerakan melingkar.

4. Punggung

Bila sering mengalami sakit pinggang coba duduk di lantai dengan posisi kaki disilangkan. Luruskan punggung kemudian tempatkan ibu jari di setiap sisi sakrum dan tulang segitiga datar.

Pijat dengan gerakan melingkar, atas bawah sakrum. Tekan di tempat otot terasa tegang lalu jeda kemudian lepaskan. Tarik napas dalam dan hembuskan setelahnya.

5. Kaki

Terakhir ada totok untuk kaki jika sering merasa pegal. Pijat seluruh bagian kaki memakai jempol tangan. Pijat setiap jari kaki kemudian pegang semua jari tersebut dalam satu genggaman.

Tekuk ke arah telapak tangan dan punggung kaki. Lakukan hal ini bergantian dan tekan seluruh permukaan telapak kaki.

Bolehkah Semua Orang Menjalani Totok Saraf ?

Tidak semua orang boleh menjalani totok loh. Bila bagian titik totok saraf terdapat tahi lalat yang mengeluarkan darah maka tidak diperkenankan dipijat maupun ditotok. Tahi lalat ini bisa jadi tanda infeksi radang atau kanker.

Apabila tahi lalat merupakan kanker maka dengan ditotok penyebarannya akan semakin cepat. Jika tahi lalat tersebut berupa infeksi radang maka area disekitarnya akan memerah. Ada sensasi panas dan pasien dapat merasakan nyeri.

Ketika melakukan totok, terapis akan membersihkan tangan terlebih dulu. Hal ini bertujuan menjaga penyebaran bakteri atau virus dari manusia ke manusia. Jika memiliki penyakit kulit khususnya pada titik totok perlu dikonsultasikan terlebih dulu.

Bagaimana, Sob tertarik untuk mencoba totok syaraf ini? Jika tubuh merasa lelah dan butuh relaksasi, Sobat Salam bisa mencoba pengobatan alternatif ini sebagai solusinya.

Baca Juga :

shape
shape