shape

Ibu Hamil Perlu Tahu! Inilah Beberapa Makanan Agar Bayi Cerdas

19 March 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Ibu Hamil Perlu Tahu! Inilah Beberapa Makanan Agar Bayi Cerdas

Sobat Salam, perkembangan otak bayi sudah dimulai sejak ada di dalam kandungan. Masa awal pembentukan otak bayi bisa menjadi penentu tumbuh kembang otak anak nantinya.

Dikutip dari First Things First, saat lahir otak bayi rata-rata seukuran seperempat otak orang dewasa pada umurnya.

Di usia 1 tahun, otak anak berkembang dua kali lipat dan terus berkembang menjadi 80 persen pada usia 3 tahun, lalu 90 persen pada usia 5 tahun.

Asupan makanan akan menentukan perkembangan semua sel otak (neuron) bayi yang baru lahir dan akan mereka miliki selama sisa hidup mereka.

Ibu Hamil Perlu Tahu! Inilah Beberapa Makanan Agar Bayi Cerdas
Source : Gooddoctor.co.id

Waktu trimester 1 kehamilan, jaringan saraf di otak bayi berkembang sehingga mampu mendukung bayi untuk belajar bergerak di dalam rahim.

Masuk ke trimester 2 kehamilan, pertumbuhan jaringan saraf makin banyak disertai dengan pembentukan jaringan otak.

Lalu di trimester 3 kehamilan, otak bayi sudah berkembang sempurna guna mempersiapkan agar ia bisa belajar dengan baik kelak, dilansir dari laman Pregnancy Birth and Baby.

Sumber Makanan Untuk Kecerdasan Otak Bayi

Ibu Hamil Perlu Tahu! Inilah Beberapa Makanan Agar Bayi Cerdas

Apa saja sumber makanan yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan otak bayi sejak dari dalam kandungan?

1. Bayam

Bayam adalah sumber makanan dengan kandungan asam folat yang merupakan satu dari beragam nutrisi penting bagi ibu hamil agar bayi cerdas.

Asam folat sangat dibutuhkan untuk membantu pembentukan awal otak dan sumsum tulang belakang bayi, membantu produksi DNA baru, hingga mengatur metabolisme sel.

Selain itu, asam folat juga bisa bertindak sebagai antioksidan yang bisa melindungi jaringan otak bayi dari kerusakan.

Kekurangan asam folat saat kehamilan bisa meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir. Jadi, disarankan untuk mencukupi kebutuhan asam folat dari sebelum hamil.

Mengutip dari Mayo Clinic, asam folat dalam makanan bisa membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf, kelainan sumsum tulang belakang, hingga kelainan pada otak bayi sejak di dalam kandungan.

Selain bayam, bisa juga memperoleh asam folat dari sayuran hijau lainnya, seperti brokoli, sawi hijau, selada, dll.

2. Ikan

Ikan termasuk makanan untuk ibu hamil yang banyak mengandung asam lemak omega-3, khususnya DHA (asam dokosaheksanoat).

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, asam lemak omega-3 penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak bayi sebelum dan setelah kelahiran.

Sedangkan DHA sangat penting untuk membantu pertumbuhan otak dan sistem saraf anak dalam kandungan.

Ikan juga mengandung vitamin D yang penting untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan.

3. Daging

Kandungan zat besi dan seng di dalam makanan ini juga merupakan nutrisi yang diperlukan ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan otak bayi.

Zat besi berpengaruh pada produksi senyawa dalam otak dan pembentukan myelin yang bertugas untuk mempercepat komunikasi antar saraf di otak.

Selain itu, zat besi juag bisa mendukung transpor oksigen dari ibu ke bayi dalam rahim. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan perkembangan mental anak terganggu.

Sedangkan seng, dibutuhkan untuk membantu pembentukan sel-sel dan jaringan serta sangat penting untuk membangun struktur otak.

4. Telur

Telur mengandung zat besi dan kolin. Kedua zat itu sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak janin dalam kandungan agar lahir sebagai bayi yang cerdas.

Kalau kolin, bermanfaat dalam membantu perkembangan memori dan kemampuan belajar anak nantinya.

5. Blueberry

Blueberry adalah makanan kaya antioksidan yang akan membantu perkembangan kognitif bayi. Alternatif lain bisa strawberry, raspberry, blackberry, tomat, dan polong-polongan.

Baca Juga :

shape
shape