shape

Jaga Imunitas Tubuh Selama Pancaroba Dengan 7 Tips Ini Yuk!

13 October 2022

Posted by : Yuyun Yuniar

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share

Jaga Imunitas Tubuh Selama Pancaroba Dengan 7 Tips Ini Yuk!

Sobat Salam, pancaroba adalah musim peralihan dari satu musim ke musim yang lain. Pancaroba merupakan masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Dan musim ini juga dikaitkan dengan datangnya berbagai jenis penyakit.

Kenapa Tubuh Rentan Terkena Penyakit Saat Musim Pancaroba?

Perubahan cuaca yang terjadi begitu cepat dapat meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit. Hal ini tidak lepas dari berbagai faktor, seperti peralihan suhu yang ekstrem.

Lalu, mengapa tubuh menjadi lebih rentan terkena penyakit? Virus lebih mudah bertahan dan lebih cepat berkembang biak berkali lipat di suhu yang dingin sehingga lebih mudah menyerang manusia.

Selain itu, udara dingin juga berdampak buruk pada kinerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari virus-virus tersebut. Ketika tubuh terpapar udara dingin, pembuluh darah menyempit sebagai upaya mempertahankan suhu di organ-organ tubuh.

Akibatnya, sistem imun tubuh secara tidak langsung dapat terganggu dalam melawan infeksi virus.

Berbagai Jenis Penyakit Saat Pancaroba

Saat musim pancaroba melanda, waspadalah karena ada berbagai penyakit yang rentan muncul dan menyerang. Berikut ini adalah berbagai penyakit yang rentan terjadi ketika musim pancaroba, di antaranya :

Maka dari itu Sob, alangkah baiknya jika kita melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Agar kebal dari risiko beberapa penyakit yang biasa muncul pada saat pancaroba tersebut.

Cara Menjaga Imunitas Saat Pancaroba

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa coba Sobat Salam lakukan untuk mencegah risiko penyakit pancaroba, di antaranya :

1. Bawalah Payung, Jaket, atau Jas Hujan.

Salah satu ciri dari musim pancaroba adalah perubahan cuaca ekstrem yang dapat terjadi di hari yang sama. Bisa saja cuaca sangat cerah ketika keluar rumah, tetapi tidak berapa lama terjadi hujan lebat. Jangan lupa tetap membawa jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.

2. Penuhi Kebutuhan Asupan Harian.

Jika kebutuhan gizi sehari-hari terpenuhi, maka sistem kekebalan tubuh juga dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit yang masuk.

3. Konsumsi Vitamin Yang Cukup.

Meskipun semua vitamin sama pentingnya bagi tubuh, tetapi salah satu vitamin yang berfungsi menjaga sistem imun adalah vitamin C. Dengan mencukupi kebutuhan vitamin C, sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. Vitamin ini dapat temui secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga. Jika ingin multivitamin yang instant dan mudah diserap tubuh, infus/suntik vitamin C ini sangat direkomendasikan. Salam Homecare juga menyediakan Layanan Infus/Suntik Vitamin C loh.

4. Rajin Mencuci Tangan

Tangan kita mampu menjadi rumah bagi kuman penyebab penyakit. Tercatat, terdapat kurang lebih 5 ribu bakteri yang hidup di permukaan tangan. Oleh karena itu rajinlah untuk mencuci tangan setelah beraktivitas ataupun ketika sudah pulang dari luar. Cuci tangan adalah salah satu cara paling jitu untuk mencegah penularan flu dan batuk.

5. Cukup Beristirahat

Beraktivitas boleh saja Sob, tapi sebisa mungkin jangan sampai memforsir tubuh tanpa rehat sama sekali. Selain membuat cepat stres, kesibukan tanpa batas akan membuat Sobat kekurangan waktu tidur.

Kesibukan berlebihan sering kali memicu kurangnya jam tidur. Kurangnya jam tidur memicu stres yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan akibat turunnya kinerja sistem imunitas tubuh.

6. Rutin Berolahraga

Olahraga membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan metabolisme, membakar kalori, mencegah kelebihan berat badan, dan meningkatkan mood sehingga pada akhirnya ikut meningkatkan stamina tubuh.

Selain menjadi bagian dari cara mencegah terserang flu dan batuk, olahraga membantu mengurangi stres emosional, meningkatkan rasa percaya diri, dan membuat wajah dan tubuh lebih segar.

Durasi olahraga yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah 30-45 menit sehari, sebanyak 3-5 kali seminggu.

7. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Tips selanjutnya untuk menjaga kesehatan di musim pancaroba adalah mencukupi kebutuhan air setiap hari. Air tidak hanya meredakan dahaga, tapi juga menjaga kelembapan tubuh dan menjadi komponen utama dari pembentukan plasma darah.

Selain itu, air membantu mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk mencegah sakit.

Nah itu dia Sob beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan sistem imunitas tubuh kita selama musim pancaroba ini. Jika gejala semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter ya Sob! Konsultasinya dengan Dokter ke Rumah Salam Homecare aja! Sedia via telemedis atau home service, dengan harga yang terjangkau loh. Apalagi khusus bulan ini ada promo gede-gedean, yuk cek promonya dibawah ini sebelum kehabisan!

shape
shape