shape

Mata Berkunang-Kunang? Apakah Pertanda Adanya Penyakit?

12 March 2022

Posted by : Admin

Facebook Share Whatsapp Share Twitter Share Telegram Share
Mata Berkunang-Kunang? Apakah Pertanda Adanya Penyakit?

Sobat Salam, gejala yang terjadi saat mata atau kepala kena tekanan atau gesekan, seperti kepala yang dipukul atau terbentur bisa menyebabkan mata berkunang-kunang. Mata berkunang-kunang atau bisa disebut dengan photopsia adalah saat kilasan cahaya menyerupai kunang-kunang atau bintang pada penglihatan sobat.

Melansir dari Verywell Health, mata kunang-kunang bisa terjadi saat retina atau lapisan di belakang mata terangsang sesuatu selain cahaya, atau ada rangsangan di saraf mata dan otak.

Pada umumnya, mata kunang-kunang tanpa pusing bukan gejala yang serius. Hal itu bisa terjadi karena gel di bola mata yang menyangga retina. Tapi, bisa juga jadi gejala kondisi medis tertentu seperti tekanan darah rendah.

Penyebab Mata Berkunang-kunang

7 Buah Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Penderita Migrain
Source : food.detik.com

Melansir juga dari beberapa sumber, yang menyebabkan mata berkunang-kunang bisa berasal dari banyak hal, termasuk tanda dari penyakit seperti ini :

1. Migrain

Migrain bisa menyebabkan mata berkunang-kunang sampai gangguan penglihatan sementara. Pertanda ini biasanya terjadi pada kedua mata dan dipengaruhi oleh aktivitas sinyal listrik abnormal di otak.

2. Cedera Kepala

Melansir dari Medical News Today, mata berkunang-kunang terkadang jadi pertanda cedera setelah ada benturan di kepala.

Perlu sobat ketahui, di bagian belakang otak terdapat lobus oksipital yang tugasnya memproses informasi visual. Benturannya membuat otak mengirimkan sinyal listrik mirip cahaya.

3. Posterior Vitreous Detasemen

Posterior vitreous detasemen (PVD) merupakan gangguan penglihatan terkait penuaan. Vitrerous adalah cairan jeli di dalam bola mata yang melekat di retina.

Saat menua, vitreous jadi kurang kencang, menyusut, lambat laun menarik retina, dan merusak mata. Biasanya menyebabkan penderita melihat sejenis garis-garis cahaya di salah satu bidang penglihatan.

4. Darah Rendah

Kondisi ini menghambat pasokan darah ke otak. Masalah ini rentan dialami oleh seseorang yang berbaring dalam waktu yang lama lalu mendadak berdiri, atau penderita tekanan darah tinggi.

Cara Mengatasi Mata Berkunang-kunang

Tubuh Sehat dan Bugar dengan Konsumsi Buah Ini
Source : timesindonesia.co.id

Untuk mengatasinya, sobat bisa melakukan hal berikut ini :

  • Konsumsi sayur, buah, gandum utuh, dan protein bebas lemak
  • Hindari merokok
  • Memakai kacamata saat ada di bawah paparan sinar matahari
  • Ambil jeda tiap 20 menit saat menonton TV atau bekerja di depan komputer
  • Memakai pelindung mata saat menggunakan alat yang bisa membahayakan mata

Baca Juga :

shape
shape